Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitter Spaces Dirilis, Ada Syarat Jumlah Follower untuk Jadi Host

Kompas.com - 04/05/2021, 09:08 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah diperkenalkan dan diuji coba selama beberapa bulan, Twitter akhirnya resmi merilis Spaces untuk platform iOS dan Android. Spaces merupakan fitur untuk melakukan siaran berbasis suara, mirip seperti Clubhouse.

"Sejak kami mengembangkan fitur ini, jutaan orang sudah bisa membuat sesi di Spaces dan kami terus melakukan perbaikan berdasarkan masukan Anda," tulis Twitter di blog resminya.

Kendati demikian, tidak semua orang bisa menjadi host untuk membuat forum audio virtual di Twitter Spaces. Twitter mensyaratkan akun harus memiliki setidaknya 600 followers (pengikut) untuk bisa memulai Spaces dan menjadi host.

Alasannya, menurut Twitter, sejauh pengamatan mereka akun-akun yang memiliki followers dengan julah tersebut, memiliki pengalaman yang lebih saat mengadakan sesi di Spaces.

Baca juga: Selamat Tinggal Periscope, Selamat Datang Twitter Spaces

"Kami akan fokus untuk belajar lebih banyak, mempermudah orang untuk menemukan Spaces, dan membantu mereka menikmati Spaces dengan audiens yang beragam," tulis Twitter.

Sejak Februari lalu, Twitter mulai memperluas sebaran Space ke pengguna Android setelah mencobanya lebih dulu untuk pengguna iOS.

Seperti Clubhouse, fitur ini berbasis audio yang memungkinkan host membuka ruang percakapan virtual dan mengajak followers atau orang-orang tertentu untuk berdiskusi dalam sebuah forum dengan topik khusus.

Bedanya dengan Clubhouse, pengguna tidak perlu tautan undangan untuk bisa bergabung ke forum audio.

Pengguna Twitter juga bisa melihat Fleets -fitur Twitter mirip Instagram Stories- untuk melihat siapa saja akun yang diikuti yang sedang membuka forum di Twitter Spaces.

Di kolom Fleets, forum Twitter Spaces akan uncul dengan warna Ungu, disertai dua foto profil yang saling berdempet.

Selama sesi, pendengar bisa memberikan reaksi dengan emoji, melihat twit yang disematkan, mengikuti percakapan dengan caption, mengirimkan twit atau DM Spaces, atau mengajukan permintaan untuk berbicara.

Baca juga: Notifikasi Twitter Spaces Bisa Dimatikan, Begini Caranya

Apabila disetujui oleh host untuk bergabung sebagai pembicara, peserta juga bisa menyematkan twit ke dalam Spaces, mengaktifkan caption agar pendengar lain bisa mengikuti topik yang dibicarakan, dan menulis twit tentang forum tersebut agar lebih banyak orang yang bergabung.

Sementara itu, host sebagai penyelenggara forum memiliki kontrol atas siapa yang berbicara, topik apa yang dibicarakan, dan mengundang orang untuk bergabung dengan mengunggah twit atau mengirim DM.

Twitter juga menyediakan pengaturan keamanan bagi host dan juga pembicara. Misalnya, host bisa membisukan (mute) pembicara, mencabut izin bicara, atau mengeluarkan pembicara dari Spaces.

Baru-baru ini, Twitter menambah fitur baru yakni memungkinkan host untuk memisukan seluruh pembicara secara bersamaan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com