Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Dilarang, Menkominfo Ajak Masyarakat Ber-Lebaran Digital

Kompas.com - 06/05/2021, 09:12 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah resmi melarang warga Indonesia melakukan mudik dalam rangka Lebaran 2021. Sebagai gantinya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengajak masyarakat untuk melaksanakan silaturahmi secara virtual.

Dengan kata lain, masyarakat diimbau untuk tidak saling mengunjungi dan bepergian ke mana pun saat merayakan hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah ini.

Menteri Kominfo, Johnny Plate mengatakan bahwa langkah ini diambil ini guna menekan angka penyebaran virus Covid-19 agar tidak semakin meluas. Menurut Johnny, silaturahmi bersama keluarga maupun kerabat bisa dilakukan secara online dengan memanfaatkan platform digital.

Baca juga: Kominfo Didesak Cabut Peraturan yang Bisa Blokir Penyelenggara Sistem Elektronik

"Kita canangkan bersama-sama melakukan Lebaran tahun ini sebagai Lebaran digital. Lebaran digital itu keren," tutur Johnny dalam keterangan tertulis dari Kementerian Komnfo yang diterima KompasTekno, Kamis (6/5/2021).

Johnny mengatakan bahwa silaturahmi secara virtual melalui aplikasi tidak akan mengurangi makna silaturahmi itu sendiri. Masyarakat justru bisa terhubung satu sama lain, khususnya bagi mereka yang tinggal di lokasi berbeda seperti luar kota atau kampung halaman.

"Merayakan acara hari besar hari Lebaran nanti secara virtual tetap meriah. Dalam keluarga sendiri dengan berkomunikasi dengan memanfaatkan teknologi yang ada," imbuh Johnny.

Baca juga: Menkominfo Imbau Sertifikat Vaksin Tidak Dipamerkan di Medsos

Kominfo juga menyiapkan infrastruktur bandwidth jaringan internet yang mencukupi untuk menunjang perayaan Hari Raya Idul Fitri di tahun ini yang digelar secara virtual.

Lebih lanjut, Johnny mengatakan bahwa Kominfo turut menggandeng sejumlah operator seluler untuk terus melakukan pengawasan jaringan (monitoring) dan memastikan pelanggan tetap terhubung dengan nyaman, terlebih di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini.

"Kami juga menjaga agar komunikasi, ekspresi rasa dan sukacita dapat dilakukan di dalam ruang digital yang lebih baik di tahun ini," pungkas Johnny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com