Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto di Twitter Kini Ditampilkan Penuh

Kompas.com - 06/05/2021, 13:03 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Twitter akhirnya resmi menggulirkan cara baru untuk melihat cuplikan foto di lini masa penggunanya. Foto kini akan ditampilkan secara penuh.

Sebelumnya, cuplikan (preview) foto yang ada di linimasa Twitter terpotong dengan rasio 16:9, kini pengguna bisa melihat foto di linimasa dalam ukuran penuh.

Pembaruan ini telah hadir di aplikasi Twitter versi mobile, baik untuk platform iOS maupun Android. Sementara untuk versi web atau desktop, masih menampilkan rasio lama. Sebelumnya, fitur ini telah diuji coba sejak Maret lalu.

Baca juga: Twitter Beli Scroll, Layanan Baca Berita Tanpa Iklan

Sebelumnya, cuplikan foto dengan rasio 16:9 di linimasa Twitter sempat menimbulkan kontroversi, karena diduga cenderung rasis, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Engadget, Kamis (6/5/2021).

Entah bagaimana algoritma Twitter bekerja, beberapa orang mendapati bahwa wajah orang kulit putih lebih dominan muncul di cuplikan foto, ketimbang orang dengan warna kulit lainnya.

Baca juga: Twitter Bisa Buka dan Unggah Gambar 4K dari Ponsel, Begini Caranya

Namun, beberapa pengguna lain justru senang dengan cuplikan foto rasio 16:9, dan kerap membuat lelucon atau hiburan bertajuk "buka untuk kejutan", di mana pengikut (followers) akan dipancing dengan foto "menarik" di cuplikan, untuk menebak-nebak bagaimana foto utuhnya.

Seringnya, antara interpretasi foto cuplikan dan foto utuh bisa sangat berbeda. Selain menampilan cuplikan foto dalam ukuran penuh, saat ini Twitter juga memungkinkan pengguna untuk mengunggah foto beresolusi 4K.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com