Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Siapkan Fitur untuk Tambah Pendapatan Kreator

Kompas.com - 07/05/2021, 13:07 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber CNBC

KOMPAS.com - Sebagai bentuk dukungan kepada para konten kreator, Instagram menyiapkan sejumlah fitur yang memungkinkan kreator dapat mendapat tambahan pendapatan.

Salah satu fitur yang dimaksud adalah fitur yang membantu brand dapat merekomendasikan produk mereka kepada kreator yang ingin mereka jangkau.

"Sudah banyak kreator yang dibayar untuk mempromosikan konten bersponsor, tetapi tujuan kami adalah agar Instagram dapat memainkan peran lebih dalam membantu brand menemukan konten kreator yang mereka incar," kata CEO Instagram, Adam Mosseri.

Baca juga: Instagram Live Terbaru Punya Fitur seperti Zoom

Selain memudahkan pihak brand itu sendiri, Mosseri mengatakan bahwa fitur ini nantinya juga akan mengundang peluang bisnis bagi kreator yang sekiranya dianggap cocok dengan brand mereka.

"Kami (Instagram) harus membantu mereka (brand) untuk menemukan konten kreator yang unik dan relevan dengan produk mereka, begitu juga sebaliknya," ungkap Mosseri.

Toko virtual kreator

 CEO Facebook, Mark Zuckerberg juga mengumumkan bahwa Instagram nantinya akan menerapkan fitur baru bernama Creator Shops. Fitur ini berupa toko virtual yang memungkinkan kreator dapat menjual produknya kepada pengguna secara langsung.

Menurut Zuckerberg, Creator Shops ini juga berpotensi menjadi ladang monetisasi baru bagi kreator. Terlebih, sejak mewabahnya pandemi Covid-19, kegiatan transaksi belanja online pun meningkat pesat.

"Ini sangat penting, mengingat tahun lalu banyak gerai offline yang terpaksa harus tutup sejak masa karantina diberlakukan, sementara toko online masih tetap ada hingga kini," jelas Zuckerberg.

Baca juga: Instagram Stories Bisa Tampilkan Caption Otomatis

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari CNBC, Jumat (7/5/2021), kreator nantinya juga dapat mendulang pendapatan dari promosi produk yang mereka rekomendasikan di posting mereka.

"Orang-orang (brand) mencari rekomendasi konten kreator yang sesuai dengan produk mereka, terutama dari apa yang mereka (kreator) kuasai," kata Zuckerberg.

Belum diketahui kapan aneka fitur ini mulai tersedia. Yang jelas, semuanya dibuat untuk memberikan lebih banyak pilihan kepada kreator untuk menghasilkan uang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com