Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal TikTok Lite, Aplikasi yang Diklaim Bisa Hasilkan Uang

Kompas.com - 07/05/2021, 20:02 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aplikasi TikTok Lite saat ini sedang ramai dibicarakan. Pasalnya, aplikasi TikTok versi ringan ini disebut bisa menghasilkan uang bagi penggunanya.

Untuk menghasilkan uang, pengguna akan diminta untuk menyelesaikan beberapa tugas yang diberikan. Setiap kali menyelesaikan tugas, pengguna akan diganjar poin yang nilainya bervariasi.

Poin-poin tersebut bisa dikonversi dalam rupiah, dan bisa ditarik oleh oleh pengguna kapan pun. Bagaimana caranya?

Menyelesaikan tugas

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pengguna harus melaksanakan tugas lebih dulu untuk mendapat poin. Untuk melihat rincian tugasnya, buka aplikasi TikTok Lite, kemudian klik ikon uang koin emas yang ada di sisi atas kiri layar untuk menuju ke laman referral rewards.

Di laman ini, akan muncul jumlah poin yang didapat serta konversinya dalam rupiah. Pengguna akan ditawari bonus dengan nilai hingga Rp 60.000 apabila mengundang teman.

Baca juga: Mengenal TikTok Lite, Bedanya dengan Versi Biasa?

Apabila ada orang yang menggunakan kode referral-nya, pengguna berhak mendapatkan poin sebesar 100.000. Poin bisa bertambah 1.000 apabila pengguna membagikan halaman referral rewards tersebut.

Jika mengunggah video, pengguna akan diganjar poin sebesar 3.000. Pengguna bisa menambah lebih banyak poin dengan menonton lebih banyak video dalam durasi tertentu.

Tangkapan layar cara menggunakan aplikasi TikTok Lite yang disebut bisa menghasilkan uang.Ist Tangkapan layar cara menggunakan aplikasi TikTok Lite yang disebut bisa menghasilkan uang.

Sebagai contoh, menonton video selama 10 menit akan mendapatkan poin sebesar 15.000 bagi pengguna baru dan menonton video berdurasi 5 menit akan mendapat poin 1.000 bagi pengguna lama.

Rincian perolehan poin dan tugas selengkapnya bisa dilihat di laman pengaturan TikTok. Jika dibandingan dengan TikTok reguler yang juga memiliki program serupa, poin yang ditawarkan TikTok Lite lebih besar.

Sebagai perbandingan, pengguna lama TikTok Lite akan mendapat poin 1.000 jika menonton video dengan durasi 5 menit. Sedangkan pengguna TikTok reguler hanya mendapat 750 poin jika menonton video dengan durasi 15 menit.

Cara tarik uang di TikTok Lite

TikTok Lite menyediakan tiga opsi untuk menarik uang, yakni lewat rekening bank, Ovo, dan Dana. Untuk menarik uang di TikTok Lite, klik kolom saldo uang.

Kemudian pilih nominal uang yang ingin ditransfer ke dompet digital atau rekening bank. Kemudian, klik "tarik saldo" lalu klik "tambah metode penarikan uang yang baru" untuk memasukan metode penarikan uang.

Baca juga: Alasan Mengapa Vtube, TikTok Cash, dan Snack Video Dianggap Ilegal

Setelah memilih metode penarikan, klik "tarik uang sekarang" dan lanjutkan dengan memilih "konfirmasi untuk menarik uang".

Tangkapan layar cara menarik uang dari TikTok Lite.Ist Tangkapan layar cara menarik uang dari TikTok Lite.

Saldo uang di TikTok Lite akan ditransfer ke dompet digital atau rekening bank tujuan sesuai metode yang telah dipilih pengguna. Anda bisa mengecek ke dompet digital atau rekening bank, untuk memastikan apakah uang benar-benar terkirim atau tidak.

Legalitas

Cara menghasilkan uang dari TikTok Lite agak mirip dengan Snack Video. Aplikasi Snack Video sempat diblokir Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) atas permintaan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) setelah dipantau oleh Satgas Waspada Investasi (SWI).

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com