Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Meet Punya Fitur Penghemat Kuota Data, Begini Cara Memakainya

Kompas.com - 09/05/2021, 03:21 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber 9To5Google

KOMPAS.com - Penggunaan aplikasi telekonferensi seperti Google Meet untuk melakukan pertemuan online belakangan menjadi tren selama masa pandemi Covid-19.

Layanan video conference ini biasanya dimanfaatkan untuk kebutuhan tatap muka, seperti rapat antar rekan kerja, hingga pembelajaran siswa.

Karena menggunakan streaming video, tentu kebutuhan data internetnya juga besar dan bisa sangat terasa oleh mereka yang menggunakan paket kuota data seluler.

Baca juga: Google Meet Hadirkan Fitur Penghemat Paket Data dan Antarmuka Baru

Untungnya, Google Meet sekarang sudah memiliki fitur baru bernama Limit Data Usage yang bisa membantu pengguna untuk menghemat kuota data internet mereka.

Untuk mengatur mode hemat data ini, pengguna cukup membuka menu pengaturan dengan cara mengklik tombol tiga titik yang ada di bagian pojok kiri atas lalu pilih Settings.

 

Cara mengaktifkan mode hemat data di aplikasi Google Meet9to5google.com Cara mengaktifkan mode hemat data di aplikasi Google Meet

Nantinya, pengguna akan menemukan dua opsi pengaturan yaitu opsi pengaturan yaitu Send More Diagnostic Info dan Limit Data Usage.

Untuk menghemat kuota, pengguna bisa memilih opsi "Limit Data Usage" yang akan mengurangi konsumsi data internet oleh Meet dengan cara mengurangi kualitas streaming video.

Anda bisa mengaktifkan toggle "Limit Data Usage" dengan cara menggeser toggle ke samping kanan. Untuk kembali meningkatkan kualitas video, cukup matikan kembali fitur ini.

Baca juga: Google Meet Versi Gratis Diperpanjang sampai Juni 2021

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9To5Google, Minggu (9/5/2021), selain menghemat pemakaian data internet, Limit Data Usage juga bisa mengirit penggunaan baterai serta sumberdaya CPU dan memori perangkat.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, fitur Limit Data Usage telah tersedia di aplikasi Google Meet versi Android. Pengguna perangkat iOS juga sudah bisa memakainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9To5Google


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com