Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Patenkan Kamera Bawah Layar yang Bisa Berputar

Kompas.com - 13/05/2021, 12:02 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Para pabrikan smartphone terus bereksperimen dengan desain ponsel maupun teknologi kamera, termasuk juga Xiaomi.

Vendor asal China tersebut belakangan diketahui mematenkan rancangan perangkat yang mengusung teknologi kamera bawah layar (sub-screen camera) yang dapat diputar. 

Seperti diketahui, teknologi kamera bawah layar sendiri saat ini belum menjadi teknologi yang banyak diadopsi oleh vendor smartphone.

Dengan teknologi ini, area layar ponsel dapat dimaksimalkan tanpa harus memiliki notch atau punch-hole. Teknologi ini lebih kurang mirip dengan sensor pemindai sidik jari dalam layar, yang sudah mulai diaplikasikan ponsel flagship saat ini.

Baca juga: Empat Smartphone Xiaomi Turun Harga, Ini Daftarnya

Keberadaan konsep perangkat itu diungkap oleh situs teknologi Belanda, Lets Go Digital.

Situs tersebut mengatakan bahwa Xiaomi mengajukan patennya kepada Organiasasi Hak Kekayaan Intelektual Dunia (WIPO) China pada Februari 2020 lalu. Paten tersebut kemudian dirilis oleh WIPO pada 29 April 2021.

Ilustrasi di dalam dokumen paten itu menggambarkan sebuah ponsel yang memiliki tiga lensa kamera yang ditempatkan di sisi kiri layar.

Kamera yang diletakkan di bawah layar tersebut memiliki mekanisme yang dapat berputar (Flip) untuk memfungsikan lensa sebagai kamera depan dan kamera belakang.

Ketika pengguna mengaktifkan mode kamera depan, salah satu modul kamera akan diputar atau "dikirim" ke bagian layar depan untuk mengambil foto selfie.

Xiaomi ajukan paten perangkat yang mengadopsi teknologi underscreen camera yang bisa diputarLetsGoDigital Xiaomi ajukan paten perangkat yang mengadopsi teknologi underscreen camera yang bisa diputar

Nantinya, modul kamera berwarna oranye yang digambarkan oleh paten tersebut akan bergeser dan beralih fungsi sebagai kamera depan. Sementara, dua modul kamera lainnya akan berperan sebagai kamera utama.

Menurut para pencipta paten yang bersangkutan, penerapan teknologi sub-screen camera ini dapat menghemat jumlah sensor kamera yang diadopsi oleh smartphone.

Rumor yang beredar mengatakan bahwa Xiaomi juga akan membekali kamera tersebut dengan sitem AF Laser yang mampu menangkap objek secara fokus dan akurat meski dalam kondisi minim cahaya (low light).

Baca juga: Samsung Rajai Pasar Ponsel Global, Kejutan Datang dari Xiaomi

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Lets Go Digital, Kamis (13/5/2021), Xiaomi kemungkinan akan menghadirkan beberapa pilihan jenis layar seperti LCD (Liquid Crystal display), OLED (Organic Light Emitting Diode), dan CRT (Cathode Ray Tube).

Tentu saja, karena masih berupa paten, perangkat dengan teknologi sub-screen camera dalam paten Xiaomi ini belum bentu akan benar-benar diwujudkan dalam bentuk produk final.

Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa Xiaomi akan serius menggarap ponsel dengan kamera bawah layar sesuai dengan paten yang telah diajukannya tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com