Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asal Muasal Game Dinosaurus Chrome yang Bisa Dimainkan 17 Juta Tahun

Kompas.com - 15/05/2021, 12:05 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengguna Google Chrome tentu akrab dengan easter egg berupa game dinosaurus yang muncul di peramban tersebut saban komputer tak terhubung ke jaringan internet.

Game side-scrolling ini bisa dimainkan dengan menekan tombol spacebar di komputer atau mengetuk layar ponsel untuk membuat karakter dinosaurus berjenis Tryannosaurus Rex (T-Rex) berjalan dan melompati kaktus di padang pasir.

Meskipun seakan bisa dimainkan tanpa henti, ternyata game tersebut punya batas waktu, walau sangat lama, yakni 17 juta tahun. Perancang UX Chrome, Edward Jung, sengaja memberi pembatasan itu agar sama dengan masa eksistensi T-Rex di Bumi dulu.

Baca juga: Google Chrome Kini Tampilkan Subtitle Video secara Real Time

"Tapi mungkin nanti tombol spacebar Anda tak akan terasa seperti dulu lagi," ujar Jung bercanda, dalam sebuah posting di Blog Google.

Ide untuk membuat game browser yang bisa dimainkan saat komputer sedang offline mengemuka pada awal 2014, sebelum dirilis pada tahun itu juga.

Tampilan permainan game dino di browser Chrome.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tampilan permainan game dino di browser Chrome.


Nama awalnya adalah "Project Bolan", diambil dari  Marc Bolan, penyanyi utama band rock tahun 1970-an, bernama T-Rex.

Desainer Chrome Sebastien Gabriel mengatakan game dinosaurus ini bermakna "kembali ke zaman prasejarah"  "Maksudnya saat belum ada Wi-Fi," ujar Gabriel dalam posting blog yang sama, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Sabtu (15/5/2021).

Baca juga: Google Chrome Versi Terbaru Lebih Hemat Memori

Desainer Chrome lainnya, Alan Bettes mengatakan karakter T-Rex sengaja dibuat dalam bentuk piksel dan memiliki gerakan kaku, karena ingin memberikan sensasi ala video game jadul kepada pengguna,

Kendati seringnya muncul ketika Chrome sedang offline, pengguna sebenarnya tetap bisa memainkan game ini saat terhubung dengan internet, caranya adalah dengan mengakses URL chrome://dino.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com