Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 6 Lokasi Pertama yang Mendapat Jaringan 5G Telkomsel

Kompas.com - 19/05/2021, 13:01 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Komersialisasi jaringan seluler generasi ke-5 alias 5G di Indonesia sudah di depan mata.  Salah satu operator seluler yang diketahui menjalani Uji Layak Operasi (ULO) untuk mulai menggelar jaringan 5G di Tanah Air adalah Telkomsel.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan, apabila nanti telah menyelesaikan proses ULO di Ditjen PPI Kominfo, Telkomsel akan menghadirkan layanan 5G komersial pertamanya di enam lokasi di DKI Jakarta.

"Telkomsel pada tahap awal merencanakan akan melakukan launching di Jakarta di 6 lokasi residential, yaitu Kelapa Gading, Pondok Indah, PIK, BSD, Widya Chandra, dan Alam Sutera," kata Johnny kepada KompasTekno, Rabu (19/5/2021).

Selain enam lokasi di Jakarta tersebut, Johnny menambahkan, Telkomsel juga akan merilis layanan 5G komersil di beberapa kota lainnya, yakni Batam, Medan, Solo, Bandung, Surabaya, Makassar, Denpasar dan Balikpapan.

Baca juga: Menkominfo: Uji Operasi 5G Telkomsel Dimulai Hari Ini

Johnny menegaskan bahwa setiap operator seluler yang akan memberikan layanan seluler dengan teknologi baru wajib melakukan ULO, untuk memastikan bahwa layanan yang diberikan kepada masyarakat sesuai dengan standar kualitas.

Menurut Johnny, operator seluler dapat menggunakan pita frekuensi radio yang sudah ada dan telah dimiliki untuk menggelar layanan 5G..

"Pita frekuensi radio yang direncanakan akan digunakan Telkomsel untuk teknologi 5G ini menggunakan pita frekuensi radio 2,3 GHz untuk data plane dan pita frekuensi radio 1,8 GHz untuk control plane," jelas Johnny. 

Secara terpisah, VP Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin mengatakan layanan 5G dari operator pelat merah itu nantinya bisa diakses seperti halnya layanan 3G dan 4G, yaitu menggunakan paket internet yang dimiliki ataupun skema PAYU (Pay As You Use).

"Kami ke depannya akan mengembangkan produk dan layanan 5G yang sesuai dengan kebutuhan dan masukan pelanggan. Hal tersebut juga dilakukan seiring dengan perkembangan ekosistem 5G yang dilakukan secara bertahap dan terukur," ujar Denny.

Tembus 20 Gbps

Kehadiran layanan 5G dari Telkomsel mulai terendus sejak operator seluler tersebut mengunggah video terkait 5G di kanal YouTube resminya.

Video berdurasi sekitar 4 menit itu sebenarnya tidak menguak kapan Telkomsel bakal meluncurkan 5G di Indonesia.

Namun di dalamnya, Komisaris Utama Telkomsel, Wisnutama Kusubandio membeberkan berbagai potensi jaringan 5G di Tanah Air, apabila nanti sudah diimplementasikan secara merata oleh Telkomsel.

"Teknologi 5G akan menjadi game changer bagi bangsa Indonesia," ujar Wishnutama dalam sebuah video dikutip KompasTekno dari kanal YouTube Telkomsel, Senin (17/5/2021).

Baca juga: Layanan 5G Telkomsel Meluncur Sebentar Lagi?

Wishnutama mengatakan, teknologi 5G dibekali dengan berbagai peningkatan dari generasi sebelumnya (4G).

Dari segi kecepatan, misalnya, kecepatan unduh (download) 5G bisa mencapai 20 Gbps, atau 20 kali lipat lebih cepat dibanding 4G yang mentok di 1 Gbps.

"Untuk download video berdurasi 2 jam, kita hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja," klaim Wishnutama.

Lalu, 5G juga diklaim memiliki latency 1 ms yang 10 kali lebih rendah dari 4G, dan mampu menampung sekitar 1 juta perangkat dalam radius 1 km persegi, 10 kali lebih banyak dari yang didukung oleh teknologi 4G.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com