Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Clubhouse Versi Android Sudah Bisa Diunduh di Indonesia

Kompas.com - 21/05/2021, 10:45 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Media sosial berbasis suara Clubhouse debut di iPhone dan sempat populer di Indonesia. Kini, aplikasi Clubhouse sudah bisa digunakan pengguna smartphone Android.

Aplikasi Clubhouse versi Android bisa diunduh (download) di Indonesia mulai hari ini, Jumat (21/5/2021).

Sebelumnya, pengguna smartphone Android di Tanah Air hanya bisa melakukan pra-registrasi saja di laman Clubhouse di toko aplikasi Google Play Store.

Aplikasi Clubhouse yang kini tersedia di toko aplikasi Google Play Store.KOMPAS.com/Bill Clinten Aplikasi Clubhouse yang kini tersedia di toko aplikasi Google Play Store.

Pantauan KompasTekno, Jumat pagi, aplikasi besutan Alpha Exploration Co. tersebut kini sudah bisa dijajal dengan menekan tombol "Install" di laman yang sama dengan laman pra-registrasi tadi, sebagaimana ilustrasi gambar di samping.

Untuk bisa menjalankan aplikasi ini, pengguna harus memiliki perangkat Android versi 8.0 (Oreo) ke atas.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Clubhouse Disukai oleh Pengguna

Aplikasi versi 0.1.3 ini sendiri bisa di-download secara gratis dan memiliki ukuran 11,70 MB.

Setelah terpasang di perangkat Android masing-masing, pengguna lantas bisa langsung membuat username Clubhouse dengan mengeklik tombol "Get your username" di dalam aplikasi Clubhouse.

Lalu, masukkan nomor telepon pengguna yang aktif di jendela berikutnya untuk mendapatkan kode verifikasi melalui SMS.

 Baca juga: 5 Fakta tentang Clubhouse, Medsos Baru yang Tengah Naik Daun

Harus mendapatkan undangan

Cara membuat username di aplikasi Clubhouse Android.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara membuat username di aplikasi Clubhouse Android.

Meski bisa dipasang secara cuma-cuma dan membuat username, pengguna tetap saja harus mendapatkan undangan terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan aplikasi ini.

Undangan tersebut bisa diperoleh dari pengguna Clubhouse yang sudah mendaftar. Anda bisa meminta undangan dari teman atau kerabat yang sudah lebih dulu menggunakan aplikasi Clubhouse.

Nantinya, mereka akan mengirim undangan berupa kode akses aplikasi untuk bisa membuat akun baru.

Baca juga: Cara Menggunakan Twitter Space, Disebut Clubhouse Versi Twitter

Tiap pengguna baru juga akan mendapat hak untuk mengundang dua orang lain. Jumlahnya akan ditambah seiring dengan meningkatnya pemakaian.

Pengundang harus memiliki nomor telepon orang yang akan diundang, untuk dikirimi pesan berisi tautan ke situs Clubhouse. Di sini, calon pengguna bisa membuat akun dengan nomor telepon tadi.

Setelah akun dibuat, pengguna bisa memilih topik obrolan favorit mereka. Pengguna juga diberikan opsi untuk bergabung ke dalam sesi diskusi online yang sedang berlangsung, layaknya webinar di Zoom atau aplikasi video conference lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com