Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mendapatkan Centang Biru Verifikasi Akun Telegram

Kompas.com - 21/05/2021, 20:06 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Telegram telah menjadi salah satu aplikasi pesan singkat yang diminati masyarakat. Hal ini tercermin dari tingginya angka pengguna yang telah mencapai angka 500 juta.

Demi memastikan pengguna berinteraksi dengan akun yang resmi, Telegram kini membagikan tips cara mendapatkan centang biru alias verifikasi akun resmi.

Tanda centang biru sendiri umumnya banyak diminati, khususnya oleh para influencer, karena menawarkan hak eksklusif kepada para penggunanya.

Baca juga: 7 Cara agar Akun Telegram Tidak Bisa Di-hack

Sebab, centang biru pada sebuah akun bisa dijadikan sebagai penanda jika akun tersebut asli. Hal ini diharapkan dapat membantu membedakan antara akun resmi dengan akun palsu.

Lalu bagaimana cara mendapatkan centang biru di Telegram? Ternyata langkah yang harus dilakukan terbilang cukup sederhana.

  • Untuk bisa mendapatkan centang biru di Telegram, pengguna harus melakukan verifikasi akun pada setidaknya dua platform lain, seperti TikTok, Instagram, Facebook, YouTube, Twitter, VK, dan Snapchat.
  • Selanjutnya, pengguna harus menambahkan tautan profil saluran Telegram mereka di dua platform ini. Hal ini perlu dilakukan agar tim Telegram dapat mengonfirmasi jika akun tersebut dimiliki oleh pemilik yang sama.
  • Setelah tahapan ini selesai, pemilik akun perlu menghubungi Telegram @VerifyBot untuk melakukan tahapan verifikasi.

Namun apabila pemilik akun belum memiliki akun terverifikasi di dua platform lainnya, maka Telegram akan melakukan verifikasi akun resmi melalui Wikipedia.

Jika pengguna terdapat dalam halaman di Wikipedia dan halaman tersebut turut mencantumkan tautan ke saluran, bot, atau grup publik di Telegram, maka ini dapat dihitung
sebagai salah satu akun terverifikasi dari dua yang diperlukan.

Baca juga: Telegram Ajak Pengguna WhatsApp Hapus Aplikasi

Selain untuk keperluan pribadi, berbagai macam akun organisasi juga bisa mendapatkan centang biru di Telegram. Caranya, akun dapat menautkan akun Telegram mereka ke situs web resmi organisasi.

Nantinya, bot Telegram akan menawarkan pilihan untuk memasukkan data dan komentar tambahan setelah memeriksa tautan media sosial.

Usai mengikuti langkah-langkah di atas, Telegram akan memberikan badge verifikasi centang biru di sebelah nama akun, untuk membedakannya dari akun tidak resmi lainnya.

Perlu diperhatikan jika akun yang sudah terverifikasi di Telegram tidak lagi dapat mengubah nama atau tautan pendek akun.

Jika perubahan memang diperlukan, pemilik akun bisa menghapus status verifikasi terlebih dahulu, dengan menghubungi @VerifyBot.

Baca juga: WhastApp Menurun, Telegram dan Signal Meroket

Kemudian, pengguna dapat melakukan permintaan pembatalan verifikasi akun dan melakukan verifikasi ulang menggunakan bot seperti di awal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com