Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Amankan Galaxy Z Roll, Kandidat Ponsel Layar Gulung?

Kompas.com - 23/05/2021, 15:02 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ponsel dengan layar fleksibel kini tengah menjadi tren smartphone global. Samsung menjadi salah satu vendor ponsel yang sudah menelurkan beberapa smartphone dengan layar fleksibel yang bisa ditekuk-tekuk, seperti seri Galaxy Z Fold dan Galaxy Z Flip.

Tak puas dengan ponsel lipat, Samsung juga dikabarkan tengah mempersiapkan ponsel dengan layar yang bisa digulung. Hal ini pertama kali diungkap oleh LetsGoDigital.

Samsung terlihat telah mendaftarkan merek dagang baru "Z Roll" di laman Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa (EUIPO), pada 18 Mei lalu 2021.

Dalam tangkapan layar yang diumbar LetsGoDigital, "Z Roll" dideskripsikan sebagai "smartphone; telepon seluler; perangkat telekomunikasi; dan pena elektronik untuk smartphone dan komputer tablet".

Dari deskripsi tersebut, kemungkinan Samsung Z Roll merupakan ponsel yang juga akan kompatibel dengan pena digital S Pen.

Bila dilihat dari penamaannya, "Z Roll" mirip dengan penamaan seri-seri ponsel layar fleksibel yang sudah ditelurkan Samsung sebelumnya.

Bedanya kali ini, mengacu pada penggunaan kata "Roll", ponsel ini kemungkinan akan dibekali dengan layar gulung.

Samsung patenkan merek dagang Z Roll di laman Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa (EUIPO).LetsGoDigital Samsung patenkan merek dagang Z Roll di laman Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa (EUIPO).

Samsung pamerkan desain layar gulung "Slideable"

Kehadiran Z Roll sebagai ponsel layar gulung Samsung, semakin diperkuat dengan inovasi layar OLED terbaru yang dipamerkan oleh divisi layar Samsung, Samsung Display.

Melalui acara Display Week 2021, Samsung Display memamerkan tiga inovasi layar terbarunya. Salah satunya adalah inovasinya adalah teknologi "Slideable". Dengan teknologi itu, layar ponsel terlihat bisa diekspansi.

Dari gambar yang dirilis Samsung Display di laman resminya, dalam mode potret, teknologi "Slideable" memungkinkan layar ponsel dapat diekspansi hingga 30 persen, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari LetsGoDigital, Minggu (23/5/2021).

Ekspansi layar dilakukan dengan cara menarik layar ke arah kanan. Nantinya layar bisa digulung kembali sehingga membuat smartphone kembali ke ukuran semula.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold 2 Dijual Rp 33 Juta di Indonesia

Samsung perkenalkan tekologi layar gulung Slideable OLED Display.Samsung Samsung perkenalkan tekologi layar gulung Slideable OLED Display.

"Ini adalah produk yang dapat membuat pengguna menikmati keunggulan layar besar dengan melebarkan layar secara horizontal. Selain itu tetap mempertahankan bentuk smartphone yang ada," tulis Samsung di laman resminya.

Di samping itu, Samsung Display juga mengumbar teknologi ponsel layar lipat "S-Foldable" dan "17 inci Foldable". Menariknya, teknologi layar lipat "S-Foldable" memungkinkan layar ponsel bisa dilipat hingga dua kali, ke arah luar ataupun dalam.

"Teknologi ini memungkinkan perangkat seukuran smartphone saat dilipat dua kali, dan  berubah menjadi seperti tablet berukuran 7,2 inci saat dibentangkan penuh," tulis Samsung.

Kendati merek Samsung "Z Roll" dan teknologi layar gulung sudah tersiar, belum ada informasi resmi kapan Samsung akan menelurkan ponsel layar gulung pertamanya itu. Kita tunggu saja.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold 3, Z Flip 3, dan S21 FE Meluncur Berbarengan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com