Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Siapkan Fitur Transfer Chat ke Nomor Lain

Kompas.com - 24/05/2021, 10:35 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, WhatsApp dikabarkan tengah mengembangkan fitur untuk memindahkan riwayat chat dari platform Android dan iOS.

Jika dirilis, fitur tersebut akan mempermudah pengguna untuk berpindah dari satu platform ke platform lain.

WhatsApp tampaknya masih ingin menambahkan kemampuan lain pada fitur transfer chat tersebut, tidak sekadar mempermudah migrasi antar platform.

Menurut bocoran WA Beta Info, WhatsApp juga sedang mengembangkan fitur yang memungkinkan pengguna lebih mudah memindahkan riwayat chat ke nomor ponsel yang berbeda.

Baca juga: Mengenal WhatsApp GB yang Marak Dibicarakan di Twitter Hari Ini

Dari tangkapan layar yang dibagian WA Beta Info, pengguna bisa mengubah nomor ponsel lebih dulu sebelum memindahkan isi chat dengan mengetuk tautan "Transfer to different phone number" yang ada di sisi bawah layar.

Tangkapan layar bocoran fitur transfer riwayat chat WhatsApp antar platform dan memindahkannya ke nomor ponsel yang berbeda.WA Beta Info Tangkapan layar bocoran fitur transfer riwayat chat WhatsApp antar platform dan memindahkannya ke nomor ponsel yang berbeda.
Namun, ada aturan tertentu untuk memindahkan chat ke nomor lain. Migrasi ini hanya bisa dilakukan ketika pengguna sudah menghubungkan prangkat baru ke akun WhatsApp miliknya.

Semua riwayat chat akan dipindahkan, termasuk pesan media. Itu berarti, kemungkinan besar akan membutuhkan data yang cukup banyak, bergantung ukuran file.

Sampai hari ini, pengguna harus menyimpan seluruh chat di penyimpanan awan seperti Google Drive dan iCloud untuk memindahkan chat dari perangkat lama atau nomor baru.

Cadangan chat tersebut, baru bisa dipulihkan setelah pengguna mendaftarkan nomor telepon yang baru.

Dirangkum KompasTekno dari Android Central, Senin (24/5/2021) fitur transfer chat antar nomor ponsel ini, masih dalam tahap pengembangan. Kemungkinan akan segera digulirkan ke pengguna dalam waktu dekat.

Baca juga: Telegram Ajak Pengguna WhatsApp Hapus Aplikasi


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com