Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanda-tanda Google Siapkan Ponsel Layar Lipat

Kompas.com - 24/05/2021, 14:54 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber TomsGuide

KOMPAS.com - Google agaknya sedang menyiapkan  gadget baru berupa ponsel dengan layar lipat. Dugaan tersebut berasal dari ditemukannya empat nomor model perangkat di baris kode sitem operasi Android 12 versi beta yang diperkenalkan dalam Google I/O bulan ini.

Salah satu perangkat dimaksud memiliki kode nama "Passport" dengan nomor model GPQ72. Nama dan nomor model tersebut diyakini sebagai ponsel layar lipat Google, Pixel Fold.

Adapun nomor model lainnya yang ikut ditemukan yaitu GR1YH "Oriole" dan GF5KQ "Raven", yang diyakini sebagai dua seri Google Pixel 6. Serta nomor model G4S1M "Barbet" yang diindikasikan sebagai ponsel Pixel 5a 5G, sebagaimana dihimpun dari TechRadar.

Sebelumnya, nomor model GPQ72, GR1YH, dan GF5KQ juga tercantum dalam dokumen Android internal milik Google yang bocor pada 2020 lalu.

Baca juga: Dari OS Android 12 hingga Kunci Mobil, Ini 10 Teknologi Baru Google

Dokumen itu mengindikasikan bahwa GPQ72 yang diyakini sebagai Pixel Fold akan meluncur pada kuartal keempat tahun 2021 ini, bersamaan dengan dua seri Pixel 6 (GR1YH dan GF5KQ).

Dengan ditemukannya nomor model GPQ72 dalam kode Android 12, tak menutup kemungkinan bahwa ponsel Pixel Fold akan meluncur sebentar lagi.

Selain nomor model, pembocor gadget ternama, Jon Prosser juga sudah mengonfirmasi keberadaan ponsel layar fleksibel yang bisa ditekuk dari Google ini.

Melalui sebuah kicauan, ia menyebutkan "Google pixel "lipat" adalah hal yang nyata". Menurut Prosser, Google akan merilis ponsel lipat tersebut pada akhir 2021 atau awal tahun 2022.

Sudah patenkan beberapa desain ponsel lipat

Desain ponsel lipat GoogleGizmo China Desain ponsel lipat Google

Sebenarnya, kabar mengenai ponsel layar lipat dari Google ini sudah mulai muncul sejak 2019 silam. Ketika itu, salah satu petinggi Google, Mario Queiroz, secara implisit mengatakan bahwa Google memang tengah merancang ponsel layar lipat.

Google juga diketahui telah mematenkan beberapa desain layar lipat untuk ponsel Google Pixel Fold dalam kurun waktu dua tahun terakhir ini.

Baca juga: Material You, Bahasa Desain Baru di Android 12

Pada 2019, Google kedapatan mematenkan desain ponsel lipat mirip dengan yang diusung Motorola RAZR, yakni desain "clamshell" atau mirip kerang, di mana layar dilipat ke bawah.

Bocroan desain ponsel lipat Google dengan lipatan tiga layarGizmo China Bocroan desain ponsel lipat Google dengan lipatan tiga layar
Namun, ada bagian kecil dari desain itu yang mirip dengan Samsung Galaxy Fold, yakni celah lipatan antar-layar.

Selain itu, ada pula desain ponsel lipat yang mengusung desain lipatan tiga layar. Lipatan ini menyebabkan ada dua celah antar-layar di sisi kanan dan kiri.

Tahun 2020, Google kembali terlihat mematenkan desain ponsel lipat yang mirip dengan ponsel lipat Huawei Mate X. Bedanya, engsel Huawei Mate X memiliki desain lipatan ke arah luar. Sedangkan desain yang dipatenkan Google memiliki arah lipatan ke dalam.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold 3, Z Flip 3, dan S21 FE Meluncur Berbarengan?

Desain ponsel lipat Google.TomsGuide Desain ponsel lipat Google.
Google juga dikabarkan telah mematenkan desain ponsel lipat, yang layarnya juga bisa diekspansi, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TimsGuide, Minggu (23/5/2021).

Meski rumor soal nomor model dan desain ponsel lipat sudah banyak tersiar, Google sendiri belum mengumbar informasi resmi apapun soal calon ponsel lipat pertamanya itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TomsGuide


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com