Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Merek Smartwatch Terpopuler Saat Ini, Apple Teratas

Kompas.com - 28/05/2021, 12:07 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple lagi-lagi mendominasi pasar smartwatch global pada kuartal I-2021. Hal ini diketahui berdasarkan laporan dari firma riset Counterpoint yang dipublikasi baru-baru ini.

Dalam laporannya, Counterpoint mengungkapkan bahwa pada periode tersebut, Apple berhasil mencetak pertumbuhan pegiriman arloji pintar hingga 50 persen, dari tahun-ke-tahun (YoY), berkat permintaan pada model Apple Watch Series 6.

Alhasil, pangsa pasar Apple ikut naik sebesar tiga persen. Hal ini membantu Apple menguasai sepertiga atau tepatnya 33,5 persen pangsa pasar smartwatch global.

Mengekor Apple, Huawei berada di posisi kedua sebagai penguasa pangsa pasar smartwatch global. Terpaut jauh dengan Apple, Huawei hanya berhasil merebut 8,4 persen pangsa pasar pada kuartal I-2021.

Baca juga: Apple Watch SE dan Series 6 Resmi Masuk Indonesia, Ini Harganya

Angka tersebut menurun secara YoY, mengingat pada periode yang sama tahun 2020 lalu Huawei berhasil menguasai 10,1 persen pangsa pasar smartwatch global.

Sedangkan Samsung harus puas berada di posisi ketiga. Sebenarnya, pada kuartal I-2021 ini, Samsung mencetak pertumbuhan pengiriman, yakni sebesar 27 persen YoY. Ini didongkrak oleh pengiriman model Galaxy Watch 3 dan Galaxy Watch Active series.

Kendati pengirimannya naik, namun secara YoY pangsa pasar smartwatch Samsung menurun. Pada periode ini, Samsung hanya berhasil mengambil 8 persen pangsa pasar. Padahal periode yang sama tahun 2020 lalu, pangsa pasar Samsung adalah 8,5 persen.

Selanjutnya, penguasa pangsa pasar smartwatch global di posisi keempat dan kelima diduduki oleh Imoo dan Fitbit. Secara berurutan masing-masing menguasai 5,1 persen dan 4,2 persen pangsa pasar.

Baca juga: Tiga Vendor yang Mendominasi Pasar Smartwatch 2020

Persentase pangsa pasar smarwatch global kuartal I-2021.Counterpoint Research Persentase pangsa pasar smarwatch global kuartal I-2021.

Dominasi WatchOS dan prediksi tren ke depan

Mengingat dominasi Apple, sistem operasi WatchOS yang digunakan pada jajaran Apple Watch juga akhirnya memiliki basis pengguna yang dominan juga.

Hal ini karena, saat ini, berbagai merek besar smartwatch global ini mengembangkan sistem operasinya sendiri-sendiri. Misalnya, Google dengan WearOS, Samsung dengan Tizen, fitbit dengan FitbitOS, dan sebagainya.

Counterpoint melaporkan, WearOS garapan Google juga belum menunjukkan kesuksesan yang berarti, karena baru digunakan sebanyak empat persen di pasar smartwatch.

Salah satu penyebabnya karena WearOS ini dilaporkan kurang bersaing dari segi fitur, pengoptimalan baterai, dan chipset.

Namun, ke depannya, Counterpoint melihat, tren pengguaan sistem operasi pada smartwatch ini akan mulai berubah, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari situs Counterpoint Research, Jumat (28/5/2021).

Ini mengingat pada acara tahunan Google I/O 2021 lalu, Google telah mengumumkan kerja sama dengan Samsung untuk menciptakan sistem operasi untuk perangkat wearable.

Kedua perusahaan tersebut akan menggabungkan dua OS wearable device miliknya, yakni Wear OS dari Google dan Tizen dari Samsung, menjadi satu platform yang ditujukan untuk perangkat wearable seperti smartwatch.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com