Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone Jadi Boros Baterai Setelah Update iOS 14.6

Kompas.com - 02/06/2021, 07:19 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Mac Rumors

KOMPAS.com - Selama satu pekan terakhir, sejumlah pengguna iPhone mengeluhkan baterai ponsel mereka yang cepat habis, setelah melakukan update ke sistem operasi iOS 14.6.

Masalah ini terjadi secara khusus pada sejumlah lini ponsel iPhone terbaru, seperti iPhone 11 dan iPhone 12 series.

Karena merasa dirugikan, sejumlah pengguna berbondong-bondong membanjiri laman Apple Support Forum untuk melampiaskan rasa kekecewaan mereka.

Seorang pengguna mengeluhkan bahwa update iOS 14.6 telah membuat iPhone 11 miliknya menjadi lebih boros baterai. Pembaruan tersebut juga dikatakan memengaruhi kinerja pengisian daya pada aksesori Apple Smart Cover.

Baca juga: Update iOS 14 Bikin Baterai Jadi Boros? Ini Solusinya

"Setelah melakukan pembaruan sistem, baterai iPhone saya terkuras lebih cepat menjadi 2 persen sementara Apple Smart Cover menjadi 15 persen. Biasanya, baterai iPhone akan bertahan 100 persen dan cover akan menjaga baterai hingga 20 persen setelah 15 jam pemakaian tanpa melakukan isi ulang," ujar salah satu pengguna.

Selain mengakibatkan baterai iPhone menjadi lebih cepat terkuras, update iOS 14.6 juga disinyalir telah membuat suhu ponsel menjadi cepat panas.

Dihimpun KompasTekno dari Mac Rumors, Rabu (2/6/2021), sejumlah model iPhone seperti iPhone 12 Mini dan iPhone 12 Pro diketahui menjadi lebih cepat panas setelah digunakan untuk mengakses browser Safari.

"Saya memperbarui iPhone Mini saya dari versi iOS 14.2 ke 14.6 beberapa hari lalu dan dalam dua hari terakhir, baterai iPhone menjadi lebih boros sementara bagian punggung menjadi lebih cepat panas," keluh pengguna lain.

Baca juga: Daftar 10 Smartphone dengan Kinerja Baterai Terbaik

Pihak Apple sendiri masih belum memberikan tanggapan terkait masalah yang muncul pada update iOS 14.6. Namun mengacu pada pengalaman serupa sebelumnya, Apple kemungkinan bakal meluncurkan pembaruan software untuk mengatasi hal ini.

Apple sendiri telah meluncurkan sejumlah pembaruan software untuk lini perangkat Apple sejak pekan lalu. Adapun pembaruan tersebut mencakup update iOS 14.6, iPadOS 14.6, dan macOS 11.4 Big Sur.

Melalui update iOS 14.6, Apple menghadirkan sejumlah fitur-fitur terbaru mencakup fitur Apple Card Family Sharing, layanan podcast, pembaruan sistem pada AirTag, dan masih banyak lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mac Rumors


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com