Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Line Segera Luncurkan Layanan Bank Digital di Indonesia

Kompas.com - 02/06/2021, 12:10 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aplikasi pesan instan asal Jepang, Line merambah bisnis bank digital di Indonesia. Layanan bank digital tersebut diberi nama Line Bank yang sebelumnya sudah hadir di Thailand dan Taiwan.

Menurut pantauan KompasTekno, situs Line sudah memampang laman soal layanan bank digital yang digelar lewat kerja sama dengan PT Bank KEB Hana Indonesia ini.

Menurut Anton Hermawan, Direktur Perbankan Konsumer, PT Bank KEB Hana Indonesia, Line Bank akan segera meluncur di Indonesia pada paruh pertama 2021, atau dengan kata lain selambat-lambatnya pada Juli mendatang.

Aplikasi Line Bank nantinya akan bisa diunduh di App Store dan Play Store, tapi kini masih belum tersedia karena layanannya sendiri memang belum resmi dirilis.

Baca juga: Apa Itu Bank Digital yang Kian Marak di Indonesia

"Pada 31 Mei kemarin kami baru membuka pra-registrasi dan memberikan teaser promo melalui Akun Resmi Line Bank di Line dan Instagram," ujar Anton melalui pesan singkat kepada KompasTekno, Rabu (2/6/2021).

Pra-registrasi Line Bank bisa dilakukan di situs resmi Line Bank berikut dengan iming-iming cashback sebesar Rp 300.000. Penawaran ini hanya akan berlaku bagi 10.000 pendaftar pertama Line Bank.

Dilaporkan KR-Asia, kemungkinan Line Bank meluncur di Indonesia pekan depan, tepatnya tanggal 10 Juni, setelah penutupan pra-registrasi.

Layanan-layanan Line Bank

Di Indonesia, layanan Line Bank merupakan buah dari akuisisi Line Financial Asai terhadap PT Bank KEB Hana, anak perusahaan Hana ZBank asal Korea Selatan pada tahun 2018 lalu.

Saat itu, Line mengakuisisi 20 persen saham PT Bank KEB Hana Indonesia dan menjadi pemegang saham terbesar kedua di bank tersebut, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Tech Crunch.

Dalam situsnya, Line Bank menawarkan sejumlah layanan, mulai dari tabungan, kartu debit, deposito, dan pembayaran digital. Semua layanan bisa dilakukan secara digital tanpa harus mengunjungi bank.

Nasabah juga bisa melakukan tarik tunai dari ATM Hana Bank dengan Kartu Debit Line Bank atau melakukan penarikan tunai di ATM bank lain.

Baca juga: 3 Keuntungan Bank Digital untuk Pengguna

Sebelum hadir di Indonesia, Line telah meluncurkan layanan perbankan di Thailand bulan Oktober tahun lalu melalui kerja sama dengan Kasikorn Vision Company, anak perusahaan Kasikorn Bank.

Layanan perbankan juga telah hadir di Taiwan dan telah mengantongi lisensi bank digital dari Financial Supervisory Commission awal tahun ini.

Berdasarkan laporan dari Momentum Works, bank digital di Indonesia sedang naik daun. Unduhan aplikasi bank digital di Indonesia naik 7 persen di tahun 2020.

Kendati demikian, biasanya nasabah memiliki lebih dari satu aplikasi bank digital sehingga masih sulit memetakan siapa yang paling dominan.

Beberapa bank digital yang populer misalnya BTPN Jenius, OCBC Nyala, dan Bank Jago yang diakuisisi Gojek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com