Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penerbit Game Mobile Netmarble Tutup Kantor di Indonesia

Kompas.com - 02/06/2021, 18:08 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penerbit game mobile populer asal Korea Selatan, Netmarble, resmi tutup kantor di Indonesia setelah 10 tahun beroperasi.

Kabar tersebut diungkap CEO Netmarble Indonesia, Tiger Inwha Hong, melalui akun Facebook miliknya baru-baru ini.

"Hari ini (31 Mei 2021) kantor Netmarble Indonesia tutup. Saya menghabiskan 10 tahun yang menyenangkan bersama para teman-teman gamer dan juga karyawan-karyawan yang saya cintai," tutur pria yang akrab disapa "Om Botak" ini dalam sebuah unggahan.

Dari unggahan di atas, Tiger tidak menjelaskan lebih lanjut alasan Netmarble Indonesia tutup kantor, begitu juga nasib para pemain game Netmarble di Indonesia.

Baca juga: Game Battle Royale Bomberman Online Dirilis untuk PC dan Konsol

KompasTekno sudah menghubungi pihak Netmarble Indonesia dan sang CEO terkait hal tersebut. Namun, hinggga berita ini ditulis kami belum mendapatkan respons.

Akan tetapi melalui kolom komentar pada unggahan Facebook tadi, Om Botak memastikan bahwa beberapa game besutan Netmarble masih bisa dimainkan oleh para pemain di Tanah Air.

CEO Netmarble Indonesia, Tiger Hong yang membalas komentar para pengguna di Facebook.Facebook.com/tiger.hong.1973 CEO Netmarble Indonesia, Tiger Hong yang membalas komentar para pengguna di Facebook.
"Game (Netmarble) tidak ditutup. Layanan game Netmarble (di Indonesia) akan terus berjalan. Tim Korea Selatan akan mengelola layanan game tersebut," jelas Hong di beberapa balasan komentar yang dilontarkan kepada para penggemar.

Tiger tidak menyebutkan secara rinci apakah game-game Netmarble di Indonesia ke depannya bakal ditutup atau tidak.

Game Netmarble masih bisa dimainkan?

Sejak melebarkan sayapnya ke Indonesia pada 2012 lalu, Netmarble sempat merilis beberapa game yang bisa dimainkan oleh para pemain di Indonesia, seperti Elsword Online, Modoo Marble, Special Force 2, dan masih banyak lagi.

Beberapa di antaranya yang populer dan yang masih bisa dimainkan saat ini adalah Marvel Future Fights, Line Get Rich, Seven Knights, The Seven Deadly Sins: Grand Cross, BTS World, dan lain sebagainya.

Pantauan KompasTekno, Rabu (2/6/2021), beberapa game tersebut, misalnya Marvel Future Fights, BTS World, dan The Seven Deadly Sins: Grand Cross, masih bisa diunduh dan dimainkan dengan normal.

Baca juga: Studi: Terlalu Lama Main Game Bikin Nilai di Sekolah Jadi Rendah

Customer support yang tak lagi mendukung bahasa Indonesia.KOMPAS.com/Bill Clinten Customer support yang tak lagi mendukung bahasa Indonesia.
Hanya saja, ketika pergi ke laman layanan pelanggan alias customer service, dukungan bahasa Indonesia tidak bisa ditemukan lagi. Sehingga, pemain harus melaporkan berbagai keluhan dan hal serupa lainnya menggunakan bahasa lainnya, seperti bahasa Inggris.

Selain itu, Netmarble Indonesia juga tampaknya menutup laman Facebook dan Instagram resminya. Pasalnya, ketika diakses, kedua laman tersebut menampilkan informasi "This Page Isn't Available".

Hal yang sama juga terjadi ketika pengguna mengakses situs web resmi Netmarble versi Indonesia (netmarble.com/id) yang turut menampilkan laman error.

Kendati laman demikian, kanal YouTube Netmarble Indonesia untuk saat ini masih bisa diakses. Kanal tersebut tearkhir mengunggah video pada 21 Mei lalu dan kemungkinan besar itu adalah video terakhir yang berbahasa Indonesia.

Baca juga: Game Genshin Impact Kini Punya Fitur Anti Pembajak Akun


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com