Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turnamen Free Fire FFWS 2021 Cetak Rekor Penonton Terbanyak

Kompas.com - 03/06/2021, 06:28 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kompetisi skala dunia untuk game battle royale populer Free Fire, yaitu Free Fire World Series (FFWS) 2021 yang digelar di Singapura beberapa hari lalu, dilaporkan mencetak rekor e-sports untuk penonton terbanyak.

Baca juga: Ini Juara Turnamen Free Fire World Series 2021, Bawa Pulang Rp 7 Miliar

Berdasarkan data dari perusahaan analitik turnamen game EsportsCharts, turnamen yang juga disiarkan secara online tersebut mencapai jumlah penonton tertinggi (peak viewers) dengan angka 5,4 juta orang.

Angka tersebut melampaui rekor peak viewers yang sebelumnya didapatkan oleh turnamen World 2019 untuk game League of Legends versi PC. Kompetisi tersebut mencetak peak viewers sebanyak 3,9 juta orang.

Jumlah penonton tertinggi turnamen FFWS 2021 dibanding kompetisi e-sports lainnya.Escharts.com Jumlah penonton tertinggi turnamen FFWS 2021 dibanding kompetisi e-sports lainnya.

Apabila melihat data di atas, FFWS 2021 juga menjadi turnamen e-sports mobile yang paling populer dibanding kompetisi game serupa lainnya, sebut saja seperti PUBG Mobile dan Mobile Legends.

Ajang kompetisi skala dunia teranyar untuk kedua game tersebut masing-masing "hanya" meraup peak viewers sebanyak 3,8 juta orang (PUBG Moblie Global Championship Season 0) dan 3 juta orang (M2 World Championship).

Selain peak viewers, kompetisi internasional untuk game Free Fire ini juga mencatat sejumlah rekor lainnya.

Beberapa di antaranya seperti rata-rata jumlah penonton (average viewers) dengan angka mencapai 2 juta orang, serta jumlah peak viewers berdasarkan satu kanal (bahasa Hindi) yang mencapai 1,9 juta penonton.

Perbandingan jumlah jam tontonan FFWS 2021 dan rata-rata jumlah penonton.Escharts.com Perbandingan jumlah jam tontonan FFWS 2021 dan rata-rata jumlah penonton.

Turnamen FFWS 2021 sendiri disiarkan secara langsung di berbagai platform streaming game online, mencakup YouTube, Booyah, Facebook, TikTok, Twitch and VK, di mana YouTube diklaim menjadi platform terpopuler untuk kategori turnamen e-sports.

Di YouTube sendiri, jumlah peak viewers FFWS 2021 mencapai 4,9 juta orang, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Escharts.com, Kamis (3/6/2021).

Secara keseluruhan, turnamen FFWS 2021, yang memiliki durasi tayang (air time) selama 8,84 jam, telah ditonton sebanyak 155 juta kali di semua platform.

Baca juga: Free Fire Advanced Server Gelombang Kedua Dibuka, Begini Cara Daftarnya

Total durasi jam (hours watched) untuk kompetisi yang dimenangkan oleh tim e-sports asal Thailand, Phoenix Force tersebut adalah 18,4 juta jam, di mana 15,5 persennya disebut berasal dari penonton asal Indonesia.

Informasi selengkapnya mengenai data turnamen FFWS 2021 ini bisa disimak di tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com