Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Huawei Watch 3 Resmi Meluncur dengan HarmonyOS

Kompas.com - 03/06/2021, 10:38 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Huawei resmi meluncurkan arloji pintar flagship teranyarnya, Huawei Watch 3. Smartwatch ini merupakan suksesor dari Huawei Watch 2 yang diperkenalkan tahun 2017 lalu.

Sebagai penerus, Huawei Watch 3 dibekali dengan sejumlah peningkatan signifikan, salah satunya adalah sistem operasi (OS) yang diusung.

Alih-alih Android WearOS, Huawei Watch 3 kini menjalankan OS besutan perusahaan Huawei yang hadir untuk pertama kalinya di smartwatch, yaitu HarmonyOS.

Dengan begitu, Huawei Watch 3 memiliki toko aplikasi sendiri (App Gallery) yang sudah terpasang di dalam perangkat. Penggunanya pun tidak perlu repot memasang aneka aplikasi dari smartphone.

Baca juga: Huawei Resmikan HarmonyOS, Sistem Operasi Alternatif Android

Selain OS, peningkatan juga bisa dilihat dari aspek desain. Huawei Watch 3 kini dibekali dengan rotating crown dengan haptic feedback yang memudahkan penggunanya untuk bernavigasi antar menu.

Arloji pintar ini mengusung panel AMOLED 1,43 inci dengan resolusi 466 x 466 piksel, refresh rate 60 Hz, tingkat kerapatan piksel 326 PPI, dan tingkat kecerahan 1000 nits. Layarna ikut dilindungi dengan kaca 2,5D untuk memberikan kesan premium.

Desain Huawei Watch 3 yang mengusung Rotating BEzel dan kaca 2,5D.Phone Arena Desain Huawei Watch 3 yang mengusung Rotating BEzel dan kaca 2,5D.

Untuk hardware, Huawei Watch 3 ditenagai chip Hi6262, RAM 2 GB, serta memori internal 16 GB. Di dalamnya terdapat berbagai sensor, seperti heart rate, SpO2, dan pengukur suhu tubuh yang diklaim pertama kali hadir di produk wearable Huawei.

Dari segi daya, Huawei mengklaim Watch 3 bisa bertahan hingga 5 hari dengan menyalakan konektivitas 4G, atau 21 hari dalam mode ultra-long battery life.

Fitur lainnya mencakup dukungan eSIM, LTE, Wi-Fi, GPS, health dan sleep tracking, serta perekam aktivitas yang mendukung lebih dari 100 mode olahraga.

Baca juga: Ketika Smartphone Xiaomi Menggunakan HarmonyOS Buatan Huawei

Huawei Watch 3 hadir dalam dua varian, yaitu "reguler" dan "Pro", serta dilengkapi dengan berbagai tali arloji (strap) dengan bahan berbeda, yaitu Active (silikon), Classic (kulit), dan Elite (metal).

Huawei Watch 3 dijadwalkan bakal tersedia pada 18 Juni mendatang di Inggris dengan harga termurah 350 poundsterling (sekitar Rp 7 juta), sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PhoneArena, Kamis (3/6/2021).

Sementara itu, Huawei Watch 3 Pro akan menyusul dijual pada 28 Juni mendatang dengan banderol termurah 500 poundsterling (sekitar Rp 10 juta).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com