Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitter Blue Resmi Meluncur, Ini Bedanya dengan Versi Biasa

Kompas.com - 04/06/2021, 07:25 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Twitter akhirnya resmi mengumumkan layanan berbayarnya yang diberi nama Twitter Blue. Untuk saat ini, Twitter Blue baru tersedia di Australia dan Kanada.

Layanan baru ini menawarkan beragam fitur premium yang sebelumnya tidak dijumpai di layanan Twitter biasa (gratis).

"Kami mendapat masukan dari pengguna berat Twitter, kata mereka kami tidak memiliki fitur yang sesuai kebutuhan mereka. Namun hal itu kini berubah," tulis Twitter di bolg resmi mereka.

Twitter menerima masukan tersebut dan membuat solusi agar pengguna Twitter mendapatkan apa yang mereka inginkan, yakni akses ke fitur eksklusif dan pengalaman yang berbeda.

Baca juga: Twitter Luncurkan Tomorrow, Layanan Berita Cuaca Berbayar

Lantas apa saja fitur-fitur Twitter Blue yang membedakannya dengan layanan Twitter reguler/biasa?

Bookmark Folders

Salah satu beda Twitter Blue dengan Twitter reguler adalah fitur Bookmark Folders. Sebelumnya, Twitter telah menyediakan fitur Bookmark untuk menyimpan beragam twit yang dianggap menarik.

Namun setelah berlangganan Twitter Blue, pengguna akan mendapat benefit tambahan untuk menyortir rangkaian twit yang telah disimpan tadi, sesuai dengan kategori tertentu.

Twit tadi akan disimpan dalam folder yang dapat dikustomisasi nama dan warna ikonnya. Kehadiran fitur Bookmark Folders sendiri diklaim sangat praktis, karena dapat memudahkan pengguna dalam mengakses twit yang dicari.

Undo tweet

Yang paling menarik di antara fitur yang ditawarkan Twitter Blue adalah hadirnya fitur "undo tweet".

Pengguna Twitter sendiri sudah sejak lama menginginkan keberadaan tombol "edit" di layanan Twitter, untuk mengoreksi kicauan yang diunggah.

Namun alih-alih menghadirkan tombol edit, Twitter kini menyediakan fitur baru bernama "undo tweet". Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membatalkan twit sebelum terunggah di lini masa.

Nantinya, akan muncul tombol Send Now dan Undo, sesaat setelah pengguna selesai menuliskan sebuah twit. Pengguna akan diberikan waktu hingga 30 detik untuk menekan tombol Undo, yang berfungsi menghapus twit yang baru saja diunggah.

Baca juga: Twitter Mau Keluarkan Tombol Edit, Syaratnya Berat untuk Amerika Serikat

Kemunculan fitur ini berguna untuk mengatasi terjadinya kesalahan dalam penulisan (typo) atau skenario ketika pengguna lupa untuk menandai (tag) teman dalam sebuah twit.

Fitur Undo Tweet yang tersedia pada layanan berlangganan Twitter Blue memungkinkan pengguna untuk menghapus twit sebelum diunggah di lini masa.Twitter Fitur Undo Tweet yang tersedia pada layanan berlangganan Twitter Blue memungkinkan pengguna untuk menghapus twit sebelum diunggah di lini masa.

Reader Mode

Terakhir, layanan Twitter Blue menghadirkan fitur bernama Reader Mode. Secara garis besar, fitur ini menawarkan kemudahan dalam membaca utas twit (thread) yang panjang.

Rangkauan twit tersebut disusun dalam satu buah halaman yang dapat langsung dibaca oleh pengguna.

Baca juga: Membludak, Permintaan Centang Biru Twitter Ditutup Sementara

Selain dapat menikmati tiga fitur di atas, pengguna Twitter Blue nantinya juga dapat melakukan kustomisasi pada ikon aplikasi Twitter dan mengubah warna tema sesuai dengan keinginan pengguna.

Harga berlangganan Twitter Blue

Berdasarkan keterangan yang tertera pada laman Blog Twitter, layanan Twitter Blue sudah diluncurkan di Kanada dan Australia untuk menjalani proses uji coba.

Untuk harga berlangganan, Twitter mematok tarif yang sedikit berbeda di tiap negara. Di Kanada, harga berlangganan Twitter Blue dibanderol 3,49 dollar Kanada (sekitar Rp 41.000).

Sementara itu, harga berlangganan Twitter Blue di Australia adalah sebesar 4,49 dollar Australia (sekitar Rp 49.000), sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Blog Twitter, Jumat (4/6/2021).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com