Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game PC "Valorant" Dibuat Versi Mobile untuk Android dan iOS

Kompas.com - 04/06/2021, 20:06 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Game first-person shooter (FPS) yang eksklusif hadir di PC, Valorant, baru saja merayakan ulang tahun yang pertama. Dalam kesempatan tersebut, Riot Games selaku pengembang Valorant mengonfirmasi kehadiran Valorant di perangkat smartphone.

Hal ini tentu merupakan kabar gembira khususnya bagi penggemar game Valorant. Meski demikian, tidak banyak informasi yang dibagikan melalui pengumuman ini.

Menurut Valorant Executive Producer Anna Donlon, kehadiran Valorant versi mobile tidak akan mengganggu ekosistem pengguna Valorant yang bermain melalui PC.

Ia menegaskan nantinya Valorant versi mobile tidak akan mendukung fitur cross-play. Dengan kata lain, pemain game ini tidak dapat bermain bersama pemain Valorant di PC dalam satu server yang sama.

"Kami sangat berkomitmen dalam menjaga kualitas (Valorant) bagi pengguna PC, sehingga kami tidak akan melakukan penyesuaian untuk mengatasi pasar smartphone," ujar Donlon sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Jumat (4/6/2021).

Baca juga: Riset Terbaru Kebiasaan Main Game FPS, Berbahaya untuk Otak

Selain informasi di atas, detil lebih lanjut terkait Valorant mobile masih abu-abu. Donlon juga enggan untuk membeberkan tanggal peluncuran game anyar ini.

Sebagai informasi, Valorant merupakan game FPS yang dirilis pengembang dan publisher Amerika Serikat, Riot Games.

Game ini diluncurkan untuk platform PC pada tanggal 2 Juni 2020. Valorant banyak dideskripsikan sebagai perpaduan antara Counter Strike: Go dengan Overwatch.

Hal ini disebabkan karena Valorant masih mengusung gameplay seperti Counter Strike yang dipadu dengan elemen dan kemampuan khusus pada tiap karakter, layaknya Overwatch.

Baca juga: Ini 3 Game Gratis PS Plus Juni 2021 untuk PS4 dan PS5

Tren game mobile belakangan ini memang sedang naik daun. Hal ini terlihat dari banyaknya pengembang yang berlomba-lomba membawa game mereka ke smartphone.

Salah satunya adalah Electronic Arts (EA) yang baru-baru ini turut mengumumkan kehadiran game FPS Battlefield versi mobile.

Game ini dikonfirmasi bakal meluncur pada 2022 mendatang dan dirancang secara khusus untuk penguna mobile alias tidak mendukung fitur crossplay.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com