Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Spotify Pamer Daftar Lagu Pakai Fitur "Only You", Begini Caranya

Kompas.com - 05/06/2021, 15:02 WIB
Conney Stephanie,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber CNET

KOMPAS.com - Spotify merilis fitur baru bernama Only You. Fitur ini sejatinya mirip seperti Spotify Wrapped atau kilas balik untuk penggunanya yang muncul setiap menjelang akhir tahun.

Only You bisa diibaratkan sebagai rapor yang berisi sejumlah rangkuman seperti lagu dan album apa saja yang sering diputar, hingga artis yang paling sering dinikmati.

Bukan cuma lagu, pengguna juga bisa menilik kembali podcast apa saja yang kerap didengarkan dan siapa podcaster favoritnya. Only You berguna untuk melihat seperti apa kebiasaan pendengar Spotify.

Secara tampilan, Only You dikemas layaknya kurasi Stories yang dipersonalisasi. Tentu saja, semuanya dihimpun berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Spotify.

Ada enam kategori daftar kilas balik yang bisa dilihat, yaitu Your Audio Birth Chart, Your Dream Dinner Party, Your Artist Pairs, Your Song Year, Your Time of Day, dan Your Genres/Topics. Keenamnya disesuaikan berdasarkan minat dan kesukaan masing-masing dari pengguna.

Baca juga: Promo Spotify Premium, Gratis 3 Bulan bagi Pengguna Baru

Sama halnya dengan Spotify Wrapped, Only You juga menampilkan keterangan tahun dari masing-masing lagu maupun album. Di sana, pengguna juga bisa mengetahui genre musik teratas mereka.

Setelah melihat seluruh rangkuman tersebut, pengguna Spotify Premium maupun gratis bisa membagikan hasil "rapor" Only You miliknya ke media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, atau Snapchat.

Lantas, bagaimana cara membuatnya? berikut langkah-langkahnya di bawah ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari CNET, Sabtu (5/6/2021).

Cara membuat Spotify Only You dan membagikannya ke media sosialKOMPAS.com/ConneyStephanie Cara membuat Spotify Only You dan membagikannya ke media sosial
1. Pertama, pastikan Spotify Anda sudah diperbarui lewat toko aplikasi Google Play Store (Android) atau App Store (iOS).

2. Kemudian, buka aplikasi Spotify lalu klik banner "Only You" yang muncul di halaman utama.

3. Setelah di-klik, nantinya tampilan Only You akan muncul layaknya Stories di Instagram.

4. Anda bisa memilih salah satu statistik untuk dibagikan ke media sosial.

Cara membuat Spotify Only You dan membagikannya ke media sosialKOMPAS.com/ConneyStephanie Cara membuat Spotify Only You dan membagikannya ke media sosial
5. Cara membagikannya pun mudah, Anda cukup mengklik opsi "Share" di bagian bawah, lalu pilih media sosial apa yang dikehendaki.

6. Nantinya, tampilan "rapor" Only You akan muncul secara otomatis sebagai "Story" di akun media sosial Anda.

Perlu dicatat, fitur Only You sifatnya sementara alias hanya tersedia hingga tanggal 30 Juni 2021.

Baca juga: Spotify di Apple Watch Kini Bisa Download Lagu dan Podcast

Bersamaan dengan Only You, Spotify turut merilis fitur lainnya yaitu Blend. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna dan satu teman mereka dapat memasukan lagu kesukaan ke dalam satu playlist yang sama.

Sebelum membuat playlist, Anda harus mengundang teman terlebih dahulu ke dalam daftar putar Blend yang telah dibuat. Nantinya, playlist tersebut dapat diperbarui kapan pun sesuai keinginan mereka.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, fitur Blend telah muncul di aplikasi Spotify berbasis Android untuk pengguna di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com