Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Aplikasi Ini Paling Diminati Anak Indonesia Selama Pandemi

Kompas.com - 06/06/2021, 08:07 WIB
Conney Stephanie,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 sudah berlangsung selama lebih dari satu tahun, termasuk di Indonesia. Sejak pandemi dimulai, sebagian besar warga di dunia membatasi kegiatan di luar, termasuk menerapkan sistem bekerja dan belajar dari rumah secara online.

Alhasil, teknologi pun memainkan peranan penting untuk memfasilitasi aktivitas-aktivitas tersebut. Sejumlah aplikasi pembelajaran, hingga media sosial pun menjadi makin populer di masa pandemi.

Sebuah riset yang dilakukan oleh Kaspersky Safe Kids mengungkapkan bahwa pandemi turut mempengaruhi minat anak-anak di dunia khususnya dalam hal mengonsumsi aplikasi. Riset ini dilakukan pada Mei 2020 hingga April 2021.

Menurut laporan Kaspersky Safe Kids, TikTok, YouTube, dan WhatsApp adalah tiga aplikasi paling populer yang digunakan anak-anak di seluruh dunia.

TikTok bahkan diklaim berhasil menyalip popularitas Instagram hingga dua kali lipat.

"Kami melihat bagaimana TikTok menjadi salah satu trendsetter utama di kalangan anak-anak dalam waktu singkat dan terus menarik perhatian mereka," kata Anna Larkina, pakar analisis konten web di Kaspersky, yang dirangkum KompasTekno, Minggu (6/6/2021).

Baca juga: Perusahaan Raksasa Teknologi Raup Untung Besar di Masa Pandemi

Di YouTube, konten seputar game, unggahan blogger, musik, serial TV, hingga video trending menjadi topik yang paling sering dicari oleh anak-anak selama pandemi. Persentasenya masing-masing adalah 34,71 persen, 18,16 persen, 17,35 persen, 7,52 persen, dan 4,43 persen.

Adapun sejumlah aplikasi lain yang masuk dalam daftar 10 besar mencakup game Minecraft (22,84 persen), Fortnite (6,73 persen), Brawl Stars (6,34 persen), Roblox (3,82 persen), dan Among US (3,80 persen).

Baca juga: Studi: Terlalu Lama Main Game Bikin Nilai di Sekolah Jadi Rendah

Di Indonesia sendiri, aplikasi yang paling populer di kalangan anak-anak adalah YouTube (32,99 persen), WhatsApp (21,47 persen), dan TikTok (10,18 persen).

Dari segi ketertarikan terhadap game, Roblox menempati urutan teratas di kalangan anak-anak Indonesia dengan persentase 8,27 persen.

Kemudian posisi kedua diisi oleh game battle royale, Free Fire dengan persentase 5,75 persen. Lalu di urutan ketiga, ada Mobile Legends: Bang Bang (2,91 persen).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com