Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Smartphone Pengganti Galaxy Note Tahun Ini?

Kompas.com - 07/06/2021, 07:24 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Pada Maret lalu Samsung akhirnya jujur soal nasib lini Galaxy Note. co-CEO Samsung IT and Mobile Communication, DJ Koh mengatakan sulit untuk merilis Galaxy Note 21 tahun ini.

Salah satu penyebab absennya Galaxy Note adalah krisis kelangkaan chipset yang sedang melanda industri teknologi saat ini.

Namun, konon Samsung tetap akan merilis beberapa ponsel flagship lain, yakni ponsel lipat Galaxy Z Fold3, Galaxy Z Flip3, dan Galaxy S21 FE. Menurut rumor yang beredar sebelumnya, Galaxy S21 FE disebut akan menjadi penerus Galaxy S20 FE yang dirilis tahun lalu.

Tetapi, pembocor gadget ulung Evan Blass mengembuskan rumor terbaru yang mengklaim bahwa Galaxy S21 FE merupakan penerus Galaxy Note 20 yang dirilis tahun lalu.

Baca juga: Menanti Samsung Galaxy A22 5G, A52 5G, dan Note 20 Ultra 5G Masuk Indonesia

Dalam kicauannya di akun dengan handle @evleaks, Blass mengatakan bahwa penjualan Galaxy S21 series tidak begitu memuaskan selama paruh pertama setelah peluncuran.

Blass menyebut penjualan Galaxy S21 series belum mampu menyamai penjualan Galaxy S10. Kendati demikian, Samsung belum mengonfirmasi ini.

Dibekali S Pen

Render Samsung Galaxy S21 FESteve Hemmerstoffer Render Samsung Galaxy S21 FE

Karena disebut sebagai penerus Galaxy Note 20, Galaxy S21 FE disebut akan dibekali S Pen, sebagaimanan Galaxy S21 Ultra. Kehadiran Galaxy S21 FE sebelumnya sudah muncul di situs resmi Samsung Meksiko April lalu.

Namun, belum ada konfirmasi resmi dari vendor smartphone asal Korea Selatan itu terkait keberadaan Galaxy S21 FE. Dirangkum KompasTekno dari Gizmo China, Senin (7/6/2021) Galaxy S21 FE muncul dengan kode nomer SM-G990 di situs GeekBench.

Ponsel tersebut kabarnya akan ditenagai chipset Snapdragon 888 dan ruang penyimpanan RAM 6 GB. Smartphone ini akan menjalankan sistem operasi Android 11.

Galaxy S21 FE disebut akan dibekali layar berbentang 6,4 inci dengan panel AMOLED dan desain Infinity-O, yakni layar dengan lubang kamera berbentuk huruf "O".

Baca juga: Tablet Rp 2 Jutaan Samsung Galaxy Tab A7 Lite Resmi di Indonesia

Lubang tersebut akan digunakan untuk tempat kamera depan beresolusi 32 MP. Di balik cangkang tertanam baterai berkapasitas 4.500 mAh.

Kabarnya, Galaxy S21 FE akan hadir dalam beberapa varian warna, seperti abu-abu atau silver, merah muda, ungu, dan putih. Kemungkinan, Galaxy S21 FE akan riluncurkan pada 19 Agustus, bebarengan dengan peluncuran Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3.

Hingga saat ini, Samsung belum mengonfirmasi kehadiran Galaxy S21 FE, termasuk kapan perangkat tersebut akan diperkenalkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmochina


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com