Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serupa tapi Tak Sama, Ini Bedanya XL Satu Fiber dengan XL Home

Kompas.com - 08/06/2021, 17:15 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Awal Juni lalu, XL Axiata meresmikan layanan broadband terbarunya yang bernama XL Satu Fiber. Ini adalah gabungan dua layanan milik XL, yakni internet fixed broadband  XL Home dan internet seluler XL Prabayar.

Meski serupa dan beririsan dalam hal menyediakan koneksi internet kabel, Head of Product XL Home, Roy Wisnhu Wibowo, mengatakan bahwa XL Satu Fiber tidak dimaksudkan untuk menggantikan XL Home.

Sebab, XL Satu Fiber menawarkan layanan internet berbasis fiber optic dan seluler yang dapat digunakan secara bersamaan. Tambahan layanan internet seluler inilah yang membedakannya dari XL Home.

Baca juga: XL Satu Fiber, Layanan Internet Kabel dan Prabayar XL dalam Satu Paket

Menurut Roy, XL Satu Fiber hadir untuk memudahkan pengguna XL yang sering menggunakan layanan mobile dan broadband. Produk ini sudah dilengkapi kuota prabayar yang dapat diakses dan dibagikan kepada lima pengguna sekaligus.

Kuota jenis ini tidak dimiliki oleh layanan XL Home. Sebab, layanan XL Home sendiri hanya menyediakan paket internet broadband berbasis kabel dan layanan video on-demand.

Head of Product XL Home, Roy Wisnhu Wibowo dalam acara konferensi pers yang diselenggarakan secara online, Selasa (8/6/2021).KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Head of Product XL Home, Roy Wisnhu Wibowo dalam acara konferensi pers yang diselenggarakan secara online, Selasa (8/6/2021).

"XL Satu Fiber adalah compliment product yang kami luncurkan, jadi tidak saling mengantikan antara XL Home maupun XL Satu Fiber," ujar Roy dalam acara konferensi pers yang diselenggarakan secara online, Selasa (8/6/2021).

Dengan hadirnya layanan XL Axiata pada XL Satu Fiber, para pengguna dapat menggunakan berbagai jenis layanan seluler yang mencakup akses telepon, video, dan data. Layanan seluler ini dapat diakses secara bebas, meskipun pengguna sedang tidak berada di  rumah.

Baca juga: Laba XL Axiata Rp 321 Miliar, Layanan Data Jadi Penyumbang Terbesar

Selain layanan seluler, pengguna XL Satu Fiber juga dapat menikmati benefit dari layanan XL Home seperti layanan hiburan video on-demand yang terdiri dari Netflix, Catchplay+, WeTV iFlix, hingga saluran TV nasional maupun internasional dari Vidio.

Head of Marketing XL Home Bianca Hardini menjelaskan bahwa layanan XL Satu Fiber sudah tersedia di kota-kota yang telah terjangkau layanan XL Home, termasuk Jabodetabek, Bandung, Cirebon, Palembang, Medan, Balikpapan, Banjarmasin, Banjarbaru dan Makasssar.

Layanan XL Satu Fiber juga akan segera tersedia di sejumlah kota lain dalam waktu dekat, salah satunya seperti Purwokerto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com