Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iOS 15 Bisa Lacak iPhone Meski dalam Kondisi Mati

Kompas.com - 09/06/2021, 13:51 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber 9to5mac

KOMPAS.com - Pembaruan sistem operasi (OS) iOS 15 untuk iPhone yang mendukung turut meningkatkan sejumlah fitur yang sudah ada, salah satunya ftur pelacak perangkat Apple Find My.

Berdasarkan laman resmi iOS 15 Previews, Find My di iOS 15 bisa mencari iPhone pengguna yang hilang, meski perangkat dalam keadaan mati.

"Lacak iPhone Anda dengan jaringan Find My meski perangkat tersebut mati. Ini bisa membantu Anda untuk mencari iPhone hilang yang baterainya habis atau dimatikan oleh pencuri," tulis Apple.

Apple juga disebut bakal memunculkan jendela pop-up yang mengatakan bahwa iPhone pengguna akan tetap bisa ditemukan meski dalam keadaan mati. Ilustrasinya bisa dilihat di gambar berikut.

Ilustrasi jendela pop-up yang mengatakan bahwa iPhone akan tetap bisa ditemukan meski mati.9to5Mac Ilustrasi jendela pop-up yang mengatakan bahwa iPhone akan tetap bisa ditemukan meski mati.
Jendela ini sendiri konon bakal tampil saat pengguna mematikan iPhone yang sudah diperbarui dengan iOS 15 untuk pertama kalinya.

Baca juga: Berkat Find My iPhone, Ponsel yang Hilang Setahun Bisa Kembali

Pop-up tersebut juga mengatakan bahwa pengguna bisa mengaktifkan atau menonaktifkan fitur "Find My network" melalui menu pengaturan (Settings).

Artinya, pengguna sejatinya bisa memilih apakah mereka mau iPhone mereka dilacak ketika sedang mati atau tidak.

Apple sendiri tidak menjelaskan lebih lanjut bagaimana caranya fitur Find My bisa mencari iPhone mati yang tidak memiliki koneksi internet.

Namun, ada informasi yang menyebutkan bahwa perangkat tersebut sebenarnya masih memiliki daya dan mampu memberikan sinyal Bluetooth kepada perangkat Apple lainnya yang berada di sekitar, mirip seperti kemampuan aksesori AirTags.

Lalu, perangkat yang mendapatkan sinyal tersebut akan mengirimkan lokasi iPhone yang dicari ini melalui iCloud ke pengguna yang sedang mencarinya dari perangkat lain, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9to5Mac, Rabu (9/6/2021).

Baca juga: Apple Luncurkan AirTag, Aksesori Pelacak Benda yang Hilang

Selain pelacakan iPhone dalam keadaan mati, jaringan Find My di iOS 15 juga kini bisa melacak ponsel Apple yang dihapus atau di-factory reset oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Namun, fitur pelacakan ini hanya akan berfungsi apabila pengguna menyalakan Activation Lock, sebuah fitur yang mengharuskan pengguna yang memiliki iPhone orang lain memasukkan kredensial Apple ID yang "menempel" di perangkat tersebut.

Ada pula fitur Separation alerts di iOS 15 yang bakal mengingatkan pengguna melalui notifikasi, apabila mereka meninggalkan beragam perangkat dalam ekosistem Apple, seperti AirPods, AirTags, dan sejumlah perangkat lainnya dalam jarak tertentu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5mac


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com