Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laptop Samsung Kembali Hadir di Indonesia, Chromebook 4 Jadi Debut

Kompas.com - 10/06/2021, 09:35 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung kembali menghadirkan produk laptop di Indonesia setelah "puasa" cukup lama. Produk komputer jinjing buatan Samsung terakhir di Indonesia tercatat dirilis pada 2014 silam.

Samsung memilih laptop chromebook sebagai debut kembalinya di Indonesia. Samsung resmi mengumumkan kehadiran laptop Chromebook 4 di Indonesia pada Rabu (9/6/2021).

IT & Mobile B2B Business Senior Manager Samsung Electronics Indonesia Lukman Basuki mengatakan, kehadiran perangkat ini merupakan bentuk upaya Samsung dalam mendukung kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) di rumah.

"Samsung Chromebook 4 menyajikan pengalaman Chrome OS yang sederhana, cepat, dan seamless, mengoptimalkan teknologi cloud untuk mendukung sistem belajar mengajar yang inovatif dan kolaboratif," ujar Lukman dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Kamis (10/6/2021).

Dari segi spesifikasi, Samsung Chromebook 4 hadir dengan dimensi 287,9 x 202,3 x 16,7 mm, bobot 1,18 kg, dan ketebalan yang mencapai 16,7 mm.

Samsung Chromebook 4 memiliki layar seluas 11,6 inci dengan resolusi HD (1.366 x 768 piksel). Samsung Chromebook 4 turut dilengkapi dengan kamera HD 720p dan speaker stereo untuk menunjang kegiatan PJJ atau rapat online.

Baca juga: Zyrex Rilis 2 Laptop Chromebook Baru di Indonesia, Bisa untuk Belajar Online

Samsung Chromebook 4 hadir dalam varian warna Platinum Titan.Samsung Indonesia Samsung Chromebook 4 hadir dalam varian warna Platinum Titan.
Di bagian dapur pacu, Samsung mengandalkan prosesor Intel Celeron Processor N4020 dengan pengolah grafis Intel UHD Graphics 600, RAM 4 GB LPDDR4, dan penyimpanan eMMC 32 GB.

Samsung Chromebook 4 menjalankan sistem operasi Chrome OS yang diklaim dapat mempercepat akses ke sejumlah aplikasi, termasuk cloud database.

Guru dan siswa diklaim akan menikmati kolaborasi yang lancar dalam pendistribusian dan pengelolaan tugas melalui layanan Google seperti Classroom, Gmail, Meet, hingga Google Drive.

Baca juga: Google Luncurkan Pixelbook Go, Laptop Chromebook Murah

Sementara pada sektor daya, laptop ini ditenagai baterai 39 Wh yang diklaim dapat bertahan hingga 12,5 jam untuk pemakaian browsing, video conference, atau streaming video.

Selain mampu memberikan akses yang cepat, Lukman mengatakan bahwa Samsung Chromebook 4 memiliki ketahanan yang cukup tinggi.

Laptop ini bahkan sudah memenuhi standar military-grade (Mil-STD-810G) yang telah diuji mencakup transit drop, getaran, suhu tinggi, serta perubahan suhu ekstrim.

Kendati demikian, Samsung belum mengungkap harga jual Chromebook 4 ini di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com