Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp di "Feature Phone" Kini Bisa Dipakai untuk Telepon

Kompas.com - 10/06/2021, 13:15 WIB
Conney Stephanie,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada kabar baik untuk pengguna feature phone berbasis KaiOS. Pekan ini, WhatsApp akhirnya menghadirkan fitur panggilan telepon (Voice Call) untuk pengguna ponsel tersebut.

Kabar ini dikonfirmasi langsung oleh COO WhatsApp, Matt Idema lewat blog resmi KaiOS. Untuk bisa menggunakan fitur panggilan suara di WhatsApp, pengguna KaiOS disarankan untuk memperbarui sistem operasi di ponsel mereka ke versi 2.2110.41.

"Menghadirkan panggilan suara WhatsApp ke perangkat yang mendukung KaiOS, membantu kami menghubungkan dunia secara pribadi melalui layanan yang sederhana, andal, dan dapat diakses oleh semua orang, apa pun jenis perangkat seluler yang mereka gunakan," kata Idema.

Baca juga: 100 Juta Feature Phone Pakai KaiOS yang Didanai Google

Ponsel berbasis KaiOS bisa melakukan panggilan suara di aplikasi WhatsAppKaiostech.com Ponsel berbasis KaiOS bisa melakukan panggilan suara di aplikasi WhatsApp
Selain harus memperbarui aplikasi, fitur panggilan suara juga hanya bisa diakses oleh pengguna WhatsApp berbasis KaiOS yang ponselnya dibekali kapasitas RAM minimal sebesar 512 MB.

Jika sudah melakukan pembaruan, nantinya fitur panggilan suara akan muncul secara otomatis.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Android Authority, Kamis (10/6/2021), pengguna ponsel KaiOS cukup mengaktifkan data seluler atau WiFi untuk melakukan panggilan melalui aplikasi WhatsApp.

Untuk perangkat feature phone baru, fitur panggilan suara akan disertakan secara otomatis dalam aplikasi WhatsApp yang sudah diinstal sebelumnya secara bawaan.

KaiOS

KaiOS sendiri merupakan platform mobile yang membuat feature phone menjadi lebih "cerdas". Biasanya, fungsi sebuah feature phone hanya terbatas untuk mengirim pesan SMS atau panggilan telepon.

Baca juga: Satu Akun WhatsApp Segera Bisa Dipakai di Empat Perangkat

Dengan KaiOS, feature phone dapat diinstal aplikasi layakanya sebuah smartphone. WhatsApp adalah salah satu aplikasi yang bisa dipasang di ponsel ini.

KaiOS sendiri tumbuh pesat sebagai platform mobile ponsel fitur. Kai Technology selaku produsen KaiOS pada akhir 2019 lalu mengklaim angka pengapalan ponsel dengan KaiOS sejauh ini sudah mencapai angka 100 juta unit.

Jumlah tersebut naik cukup signifikan jika dibandingkan data yang diungkap di gelaran Mobile World Congress 2019. Saat itu, shipment perangkat KaiOS disebut mencapai 85 juta unit.

Selain itu, KaiOS juga mendapatkan suntikan dana sebesar 50 juta dollar AS (sekitar Rp 723 miliar) dari putaran pendanaan seri B. Salah satu investor besar yang mendanai KaiOS adalah Google.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com