Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga iPhone Lawas Ini Masih Kebagian iOS 15

Kompas.com - 10/06/2021, 14:31 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Apple pertama kali merilis duo Phone 6S dan iPhone 6S Plus lebih dari lima tahun lalu pada September 2015.

Meski sudah tergolong lawas untuk ukuran gadget, nyatanya pemilik smartphone ini masih mendapatkan update sistem operasi terbaru dari Apple, yakni iOS 15

Selain iPhone 6S dan iPhone 6S Plus, satu model lain, iPhone SE (generasi pertama), juga masih beruntung bisa mendapatkan iOS 15.

Meskipun beberapa bulan lebih muda, kemampuan hardware iPhone SE setara dengan iPhone 6S. Keduanya sama-sama berbasis System-on-Chip Apple A9.

Baca juga: iOS 15 Resmi Diperkenalkan, Ini Deretan Fitur Barunya

Saat pertama kali diperkenalkan, iPhone 6S, iPhone 6S Plus, dan iPhone SE masih menjalankan iOS 9. Artinya, OS di ketiga ponsel ini sudah diperbarui sebanyak 6 generasi.

Apple sendiri memang dikenal tak pelit menyalurkan update sistem operasi terbaru untuk perangkat-perangkat yang sudah usang sekalipun.

Meskipun demikian, biasanya sebuah perangkat hanya menerima pembaruan OS selama 5 tahun atau 5 generasi saja. Misalnya, iPhone 5S yang dirilis pada 2013 dengan iOS 7 mentok di iOS 12 keluaran 2018.

Tak semua fitur iOS 15 kompatibel

Kendati bisa diperbarui dengan iOS 15, ada beberapa fitur baru yang tidak kompatibel di iPhone 6s, sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Verge, Kamis (10/6/2021).

Misalnya saja fitur Visual Lookup yang mirip dengan fitur Google Lens, lalu fitur Live Text di foto, mode portrait di Face Time, dan Maps yang lebih baik.

Fitur-fitur itu tidak bisa digunakan di iPhone 6s karena membutuhkan SoC, lebih mumpuni, setidaknya chip Apple A12 Bionic.

Fitur lain seperti widget juga akan sulit digunakan di ponsel dengan layar berukuran 4,7 inci
Selain itu, ada kemungkinan memperbarui sistem ke iOS 15 akan membuat iPhone 6s lebih lamban.

Baca juga: Fitur Privasi di iOS 15 Bisa Sembunyikan Alamat IP dan E-mail

Kendati demikian, pengguna iPhone 6s masih bisa menikmati fitur lain di iOS 15, seperti ringkasan notifikasi, mode fokus untuk meminimalisir gangguan sepanjang hari, berbagi video dan musik lewat FaceTime, dan fitur privasi seperti laporan privasi aplikasi selama tujuh hari.

Fitur privasi itu bisa digunakan untuk melihat bagaimana aplikasi memanfaatkan informasi pengguna. Ada juga patch keamanan terbaru untuk menambal bug di sistem.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com