Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Smartwatch Pertama Buatan Facebook?

Kompas.com - 10/06/2021, 16:02 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Sejak awal 2021 ini, Facebook disebut-sebut tengah mempersiapkan perangkat anyar. Perangkat tersebut konon adalah sebuah smartwatch yang akan diperkenalkan tahun depan.

Media teknologi The Verge memperoleh serangkaian bocoran baru mengenai perangkat ini. Menurut laporan, smartwatch ini akan dibekali layar dengan dua kamera (depan dan belakang) yang mampu menghasilkan gambar beresolusi 1080 piksel. Kamera tersebut juga dibekali fitur autofocus.

Layar tersebut akan disematkan pada bingkai stainless steal, dan bisa dilepas-pasang dari bingkai. Dengan begitu, pengguna bisa dengan leluasa mengambil foto selfie dan foto lainnya.

Kabarnya, smartwatch ini juga sudah terintegrasi dengan aplikasi media sosial yang berada di bawah naungan Facebook, termasuk Instagram.

Baca juga: Cara Baru Influencer Hasilkan Uang di Facebook dan Instagram

Sehingga, pengguna akan bisa langsung membagikan foto-foto yang diambil dari jam tangan pintar pertama Facebook itu ke media sosial.

Facebook dirumorkan tengah mengerjakan smartwatch pertamanya.The Verge Facebook dirumorkan tengah mengerjakan smartwatch pertamanya.
Smartwatch rancangan Facebook ini juga disebut memiliki fitur pendeteksi detak jantung, konektivitas LTE, aplikasi telepon, dan kemungkinan juga menggunakan sistem operasi khusus dari Android.

Smartwatch pertama Facebook ini paling cepat setidaknya akan dirilis pada musim panas atau sekitar bulan Juni 2022 mendatang. Banderol harganya diestimasikan sekitar 400 dollar AS atau kira-kira sekitar Rp 5,7 juta.

Rumor lain menyebutkan, smartwatch ini juga akan dapat "berinteraksi" dengan kacamata AR milik Facebook.

VP augmented dan virtual reality Facebook Andrew Bosworth, juga sempat merespons rumor tersebut melalui sebuah kicauan. Ia tak membenarkan atau menyangkal soal rumor tersebut.

Namun menurut Bosworth, Facebook ingin kacamata AR miliknya dapat berguna. Jadi perusahaan berinvestasi di seluruh teknologi yang memungkinkan kacamata AR-nya menghadirkan pengalaman yang lebih baik lagi untuk penggunanya.

Baca juga: Begini Cara Facebook Memberantas Konten Berisi Ujaran Kebencian

"Ini termasuk penelitian seperti EMG, haptics, antarmuka adaptif yang dapat digabungkan dalam perangkat berbasis pergelangan tangan," kicau Bosworth.

Tentu, karena masih berupa rumor, bocoran layar dan fitur smartwatch pertama Facebook di atas belum tentu benar. Pihak Facebook sendiri hingga saat ini juga belum memberikan informasi resmi apapun soal kehadiran smartwatch perdananya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Kamis (10/6/2021).

Meski begitu, Facebook dilaporkan telah menghabiskan sekitar 1 miliar dollar AS (sekitar Rp 14,2 triliun) untuk pengembangan jam tangan pintar tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com