Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Baru iOS 15 Bisa Blokir Foto Mantan Pacar

Kompas.com - 14/06/2021, 09:15 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber MacRumors

KOMPAS.com - Pekan lalu, Apple resmi memperkenalkan sistem operasi mobile terbarunya, iOS 15 dalam gelaran Worldwide Developer Conference (WWDC) 2021.

Salah satu fitur baru yang dibawa oleh OS anyar Apple ini adalah kemampuan untuk memblokir dan membatasi foto apa saja yang akan muncul di aplikasi Photos.

Fitur bernama "Suggest Fewer Memories Like This" itu memungkinkan pengguna memblokir atau menyembunyikan sejumlah foto tertentu di section "For You".

Baca juga: iOS 15 dan MacOS Monterey Bakal Ganti Password dengan Touch ID atau Face ID

Dalam section "For You", pengguna bisa memilih salah satu foto lalu mengklik opsi "Feature This Person Less" untuk mencegah foto orang tersebut muncul terlalu sering.

Dengan hadirnya fitur ini, pengguna seolah diberi "kebebasan" untuk mengatur foto apa saja yang tidak ingin mereka lihat secara terus-menerus.

Fitur Suggest Fewer Memories Like This di iOS 15macrumors Fitur Suggest Fewer Memories Like This di iOS 15

Misalnya foto yang berbau hal-hal pribadi pengguna seperti foto dirinya dengan mantan pacar atau kenangan lainnya di masa lalu.

Fitur ini bisa dibilang lumayan bermanfaat, khususnya bagi pengguna yang berniat untuk membatasi foto-foto masa lalu agar tidak terus dimunculkan.

Selain hadirnya fitur ini, Apple juga melakukan pembaruan dalam section "Memory". Dalam tayangan slide "Memory", kini pengguna dapat mengetuk tombol kisi pada toolbar yang tersedia untuk menampilkan seluruh foto sekaligus.

Baca juga: Fitur Privasi di iOS 15 Bisa Sembunyikan Alamat IP dan E-mail

Jika ingin menghilangkan foto tertentu, pengguna cukup menekan salah satu foto, kemudian pilih opsi "Hide From Memory".

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Mac Rumors, Senin (14/6/2021), fitur-fitur baru ini sementara baru tersedia untuk pengguna iOS 15 versi beta. Belum diketahui secara pasti, kapan iOS 15 versi stable akan digelontorkan ke seluruh pengguna.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber MacRumors


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com