Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Aktifkan VPN di iPhone dan iPad, Bisa Pakai Aplikasi atau Manual

Kompas.com - 14/06/2021, 14:15 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penggunaan Virtual Private Network atau VPN saat ini bukan lagi hal baru. VPN dapat memberikan akses ke sebuah website secara aman.

VPN bisa digunakan di berbagai perangkat, seperti desktop, komputer tablet, serta smartphone. Bagaimana cara aktifkan VPN di iPhone, iPad, dan perangkat iOS lain?

Nah, pengguna iPhone atau iPad bisa aktifkan VON dengan beberapa cara, seperti melalui sejumlah aplikasi populer, seperti ExpressVPN, NordVPN, Surfshark, Hotspot Shield, hingga IPVanish.

Untuk cara aktifkan VPN di iPhone menggunakan aplikasi, pengguna cukup memasangnya (install) dengan meng-klik masing-masing tautan di atas.

Cara mengaktifkan profil VPN melalui aplikasi.AppleInsider Cara mengaktifkan profil VPN melalui aplikasi.
Selanjutnya, pengguna bisa membuka aplikasi tersebut dan memilih wilayah yang diinginkan.

Kemudian, aplikasi akan meminta pengguna untuk memasang profil VPN. Izinkan aplikasi tersebut memasang profil VPN secara otomatis dengan menekan tombol "Allow". Lalu, masukkan nomor PIN iPhone Anda.

Baca juga: Melindungi Diri di Ruang Digital dengan VPN

Beberapa saat kemudian, Anda bisa langsung bisa terhubung dengan jaringan VPN di negara yang Anda pilih dengan mengklik tombol "Connect".

Adapun logo "VPN" bakal muncul di status bar tampilan iPhone Anda, apabila layanan VPN sudah berhasil terhubung.

Cara aktifkan VPN di iPhone secara manual

Cara mengaktifkan profil VPN.AppleInsider Cara mengaktifkan profil VPN.

Selain melalui aplikasi, pengguna iPhone dan iPad juga bisa mendaftarkan profil VPN yang Anda pilih melalui menu pengaturan (Settings).

Pertama-tama, kunjungi menu "Settings" > "General" > dan "VPN". Lalu, pilih menu "Add VPN Configurations" dan pilih jenis VPN yang akan didaftarkan. Lalu, klik "Add Configurations".

Selanjutnya, masukkan informasi lain yang dibutuhkan, seperti server address, nama akun VPN, informasi kredensial, Remote dan Local ID, serta informasi alamat Proxy. Setelah semua terisi, klik tombol "Done".

Baca juga: Mozilla Rilis Aplikasi VPN Berlangganan

Apabila ingin menon-aktifkan profil VPN yang terdaftar, Anda cukup mengunjungi menu "Settings" > "General" > dan "VPN". Di samping menu "Status", matikan toggle hingga berwarna abu-abu.

Untuk menghapus profil VPN sendiri cukup klik tombol "Delete VPN" di masing-masing laman profil VPN, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari AppleInsider, Senin (14/6/2021).

Adapun untuk beralih dari satu profil VPN ke profil lainnya bisa dengan mudah dilakukan dengan memilih profil VPN yang tersedia di laman "VPN" yang bisa diakses di menu "Settings" > dan "General".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com