Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Leica Luncurkan Smartphone Pertamanya, Leitz Phone 1

Kompas.com - 18/06/2021, 11:05 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Pabrikan kamera asal Jerman, Leica, kini benar-benar terjun ke bisnis smartphone dengan meluncurkan produk pertamanya, Leitz Phone 1.

Meski mengusung nama "Leica", ponsel ini sebenarnya merupakan smartphone lain yang dinamai ulang alias rebrand, yakni Sharp Aquos R6.

Baca juga: Sharp Aquos R6 Meluncur dengan Sensor Kamera 1 Inci

Leica belakangan diketahui turut menjalin kemitraan dengan Sharp, setelah sebelumnya rutin ikut merancang kamera di ponsel-ponsel bikinan Huawei.

Karena merupakan hasil rebrand, spesifikasi Leitz Phone 1 pun identik dengan Aquos R6 yang memiliki fitur andalan berupa kamera dengan sensor sebesar 1 inci, seperti yang biasanya terdapat pada kamera saku premium macam Sony RX100.

Lecia Leitz Phone 1 adalah ponsel rebrand dari ponsel Sharp Aquos R6.Engadget Lecia Leitz Phone 1 adalah ponsel rebrand dari ponsel Sharp Aquos R6.


Sensor dengan ukuran terbesar yang pernah ditanamkan di smartphone itu beresolusi 20 MP serta dipasangkan dengan lensa Leica Summicron 19mm f/1.9.

Modul kamera di Leitz Phone 1 dirancang berbeda dari Aquos R6. Leica membuatnya berbentuk lingkaran, alih-alih persegi panjang. Ditambahkan juga logo "red dot" ala Leica di pojok kanan atas.

Spesifikasi Leitz Phone 1

Di luar kameranya, seperti juga Aquos R6, Leitz Phone 6 dibekali serangkaian hardware kelas atas. Layarnya mengusung layar Pro IGZO OLED seluas 6,6 inci dengan resolusi WUXGA (2,730 x 1,260 piksel), refresh rate 120 Hz, serta kecerahan maksimum 2.000 nits.

Baca juga: Huawei Pamer Kamera Besar di Ponsel P50 Series

Di bagian atas layar terdapat sebuah punch hole yang memuat kamera selfie beresolusi 12 MP.

Dari sektor dapur pacunya, Leitz Phone 1 diotaki System-on-Chip teranyar garapan Qualcomm, yaitu Snapdragon 888, berikut RAM 12 GB dan penyimpanan media 256 GB, yang dapat diperluas dengan kartu microSD hingga 1 TB.

Tampilan depan Leica Leitz Phone 1.Engadget Tampilan depan Leica Leitz Phone 1.

Ponsel ini menjalankan sistem operasi Android 11, dibekali baterai 5.000 mAh, serta tahan debu dan air dengan sertifikasi IP68.

Leica Leitz Phone 1 baru tersedia secara eksklusif di Jepang dan dijual seharga 187,9 Yen atau setara dengan Rp 24,6 juta, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Engadget, Jumat (18/6/2021).

Belum ada informasi lebih lanjut soal ketersediaan Leitz Phone 1 ini di pasar internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com