Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkenalkan, Bayi Ini Bernama "HTML"

Kompas.com - 19/06/2021, 08:10 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Nama adalah sebuah doa. Umumnya, para orang tua memberikan nama ke buah hati mereka dengan menitipkan sebuah harapan ke keturunannya.

Belakangan ada beberapa pasangan orang tua memberikan nama kepada sang anak dengan nama yang tidak lazim.

Ternyata, fenomena nama anak yang unik juga terjadi di Filipina. Salah satu warganya menyematkan empat huruf "HTML" di nama panjang bayi laki-laki mereka yang baru lahir.

Baca juga: Karena Namanya, Bayi Ini Dapat Akses Internet Gratis Selama 18 Tahun

Seperti istilah serupa di dunia internet, nama sang anak juga merupakan singkatan dari kepanjangan "Hypertext Markup Language", kemudian ditambahi "Rayo Pascual".

HTML lahir di Bulacan Santa Maria, Filipina dengan bobot 2,25 kilogram. Orang tuanya merupakan pengembang web. Terungkapnya nama bayi ini bermula dari unggahan salah satu pengguna Facebook bernama, Sincerely Pascual yang merupakan bibi dari HTML.

"Selamat datang di dunia, HTML," begitu tulisnya sambil mengunggah foto bayi mungil itu, dirangkum KompasTekno dari Gadgets 360, Sabtu (19/6/2021).

Baca juga: Profil Tim Berners-Lee, Bapak Internet yang Sedih Melihat Ciptaannya

Rupanya, memberikan nama anak yang tidak biasa merupakan "tradisi" turun-temurun di keluarga HTML.

Sang Ayah, Mac Pascual, mengaku bahwa namanya adalah kependekan dari "Macaroni '85", sebagaimana dirangkum dari New York Post.

Baca juga: Bayi Google Lahir di Bekasi, Dapat Kenang-Kenangan dari Google

Sementara adik perempuannya bernama "Spaghetti '88". Keponakannya, atau anak dari adik perempuannya diberi nama "Cheese Pimiento" dan "Parmesan Cheese". Keduanya memiliki nama panggilan "Chippy" dan "Peewe".

Fenomena serupa juga terjadi di Indonesia. Beberapa waktu lalu, misalnya ada anak yang dinamai "Dinas Komunikasi Informatika Statistik", "Google", hingga "Gopay Allfarian CB".

Bahkan petinggi dunia teknologi pun ikut memberikan nama unik, seperti pendiri Tesla Elon Musk yang menamai anak lelakinya "X Æ A-Xii Musk", atau dipanggil "Ash".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com