Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mendengarkan Voice Note di WhatsApp Tanpa Diketahui

Kompas.com - 19/06/2021, 15:09 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber CCM

KOMPAS.com - WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan yang memungkinkan pengguna tidak hanya berkirim pesan teks, namun juga pesan suara (voice note).

Serupa dengan pesan teks, pesan suara (voice note) yang sudah didengarkan ditandai dengan tanda centang biru (read receipt).

Pengguna memang bisa mematikan read receipt untuk pesan teks, namun WhatsApp tidak mengizinkannya untuk jenis pesan suara.

Baca juga: Cara Ubah Huruf di WhatsApp Jadi Miring, Tebal, dan Dicoret

Namun ada kalanya jika sang penerima ingin mendengar pesan suara (voice note) di WhatsApp tanpa diketahui, dengan alasan masing-masing tentunya.

Bagi Anda yang ingin mendengarkan voice note di WhatsApp tanpa diketahui, berikut adalah tips atau cara mendengar voice note di WhatsApp tanpa diketahui oleh pengirim.

Terdapat tiga cara yang bisa dilakukan oleh pengguna yang ingin mendengarkan voice note tanpa diketahui. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Aktifkan mode pesawat (airplane mode)

Salah satu cara membuka pesan suara WhatsApp tanpa diketahui adalah dengan mengaktifkan mode pesawat (airplane mode/flight mode) pada ponsel Anda.

Namun sebelum diaktifkan, pastikan jika voice note WhatsApp yang ingin didengar sudah diunduh ke dalam ponsel.

Selanjutnya, aktifkan mode pesawat, dan Anda dapat mendengarkan isi pesan suara tersebut tanpa diketahui pengirim.

Buka melalui File Manager

Cara kedua untuk mendengar pesan suara di WhatsApp tanpa diketahui atau secara diam-diam adalah melalui aplikasi pengelola file atau file manager di ponsel Anda.

Pertama, buka aplikasi pengelola file "File Manager". Kemudian, cari folder WhatsApp > Media > WhatsApp Voice Notes.

Cara mendengarkan voice note di WhatsApp tanpa diketahui.https://1.bp.blogspot.com Cara mendengarkan voice note di WhatsApp tanpa diketahui.

Pada folder ini, Anda dapat mencari pesan suara yang diinginkan. Untuk mempermudah pencarian, Anda dapat mengurutkan pesan suara sesuai kategori waktu.

Voice note akan tersimpan dakam format AAC. Untuk bisa mendengarkan file tersebut, Anda membutuhkan aplikasi tambahan, misalnya seperti aplikasi VLC yang dapat diunduh melalui Google Play Store.

Baca juga: Cara Keluar dari Grup WhatsApp Tanpa Diketahui

Perlu diperhatikan bahwa nama aplikasi pengelola file tersebut dapat berbeda pada tiap-tiap ponsel. Pada tutorial kali ini KompasTekno menggunakan ponsel Xiaomi Mi 10.

Forward voice note ke nomor lain

Cara ketiga untuk mendengar voice note (pesan suara) di WhatsApp tanpa diketahui pengirim adalah dengan meneruskan (forward) pesan suara tadi ke nomor lain.

Cara yang satu ini mungkin agak sedikit beresiko. Pasalnya, voice note tersebut juga bisa didengar oleh pengguna lain. Pastikan bahwa voice note diteruskan ke kontak pengguna yang telah Anda percaya.

Setelah pesan suara sudah diteruskan (forward), Anda dapat mendengarkan pesan tersebut pada kolom percakapan baru tadi.

Itu tadi adalah cara mendengarkan pesan suara (voice note) di WhatsApp secara diam-diam atau tanpa diketahui pengirim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CCM


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com