Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rabu Siang, Pengguna Android Masih Keluhkan Google Terus Berhenti

Kompas.com - 23/06/2021, 11:41 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hingga Rabu (23/6/2021) siang, pengguna ponsel Android masih mengeluhkan kendala di ponselnya, yang menampilkan peringatan Google Terus Berhenti atau Google Keeps Stopping.

Kendala ini tak hanya dirasakan oleh pengguna ponsel Android di Indonesia saja, melainkan juga di beberapa negara di dunia, seperti pantauan KompasTekno dari linimasa Twitter.

Meski Google mengklaim telah menerima laporan bahwa Google App tidak berfungsi seperti yang diharapkan pada Selasa (22/6/2021) lalu, namun hingga Rabu (23/6/2021) siang belum ada update pernyataan.

"Kami telah menerima laporan bahwa Google App di Android tidak berfungsi seperti yang diharapkan untuk beberapa pengguna. Kami sedang menyelidiki masalah ini," kata perwakilan Google Indonesia.

Baca juga: 4 Cara Memperbaiki Error Google Terus Berhenti di Android

Pop-up notifikasi error "Google terus berhenti" atau "Google Keeps Stopping" dalam setelan Bahasa Inggris, terus muncul di ponsel Android sejak Selasa (22/6/2021) siang, meskipun aplikasi Google sudah dihentikan paksa.

Ilustrasi penghapusan update di aplikasi Google untuk menghentikan masalah error Google terus berhenti atau Google keeps stopping yang terus munculKOMPAS.com/ OIK YUSUF Ilustrasi penghapusan update di aplikasi Google untuk menghentikan masalah error Google terus berhenti atau Google keeps stopping yang terus muncul
Selain itu, sejumlah layanan Google, seperti Search dan Gmail turut dikeluhkan tidak dapat berfungsi. Masalah ini disinyalir berasal dari pembaruan (update) terkini aplikasi Google yang menimbulkan error.

Solusi sementara untuk memperbaiki masalah "Google terus berhenti" ini adalah dengan menghapus pembaruan dari aplikasi Google.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka menu setting ponsel kemudian buka bagian pengelolaan aplikasi.
  2. Cari dan buka aplikasi Google dari daftar yang muncul.
  3. Lalu, klik menu berlambang tiga titik di pojok kanan atas dan pilih "Hapus instalan pembaruan".
  4. Klik "Ok" di prompt yang muncul.

Baca juga: Begini Cara Mencegah Masalah Google Terus Berhenti di Android

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com