Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Susul Apple Jadi Perusahaan 2 Triliun Dollar AS

Kompas.com - 24/06/2021, 06:37 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada Agustus 2020 lalu, Apple mencatatkan rekor menjadi perusahaan pertama dengan kapitalisasi pasar 2 triliun dollar AS. Kini, Microsoft berhasil menyusul Apple dengan gelar yang sama.

Kapitalisasi pasar Microsoft kini bernilai 2 triliun dollar AS, atau sekitar Rp 28.900 triliun (kurs Rp 14.460).

Berdasarkan data Bloomberg, harga saham perusahaan rintisan Bill Gates tersebut meningkat 1,2 persen ke angka 265,79 dolar AS pada perdagangan Rabu (23/6/2021).

Dengan harga saham tersebut, kapitalisasi pasar Microsoft turut terdongkrak ke angka 2 triliun dollar AS. Sebagai informasi, pada 2019 lalu dua tahun setelah pembuat sistem operasi Windows ini dinobatkan sebagai perusahaan bernilai 1 triliun dolar AS pada April 2019 lalu. 

Baca juga: Microsoft Office Versi Android Akhirnya Kedatangan Mode Gelap

Harga saham dan valuasi Microsoft pada perdagangan, Selasa (22/6/2021).Bloomberg Harga saham dan valuasi Microsoft pada perdagangan, Selasa (22/6/2021).
Meski demikian, kapitalisasi Microsoft sedikit menurun pada penutupan perdagangan saham di hari yang sama. Saat penutupan, harga saham Microsoft merosot ke angka 265,51 dollar AS.

Terlepas dari itu, pencapaian ini sendiri bisa dibilang wajar. Sebab, sepanjang pandemi Covid-19 yang memaksa pengguna berdiam diri di rumah (lockdown), bisnis Microsoft diakui tumbuh pesat.

Bahkan, kegiatan belajar dan bekerja di rumah (WFH) diklaim mendongkrak penjualan software dan layanan cloud computing buatan Microsoft.

Sejak Maret 2020, atau bisa dibilang awal pandemi, hingga sekarang, harga saham Microsoft pun disebut meningkat hingga lebih dari 64 persen.

Baca juga: Microsoft Akui Penjualan Konsol Xbox Tidak Pernah Untung

"Selama setahun pandemi, tidak ada tanda-tanda bahwa adopsi digital akan menurun. Mereka justru berkembang dengan pesat, dan hal ini baru permulaan," kata CEO Microsoft, Satya Nadella beberapa waktu lalu, sebagaimana dikutip KompasTekno dari CNET, Rabu (23/6/2021).

Soal kapitalisasi pasar, nilai pasar Apple sendiri kini terus bertambah ke angka 2,23 triliun dolar AS, tepat di atas Microsoft yang baru saja menyentuh angka 2 triliun dolar AS.

Di bawah Microsoft, ada sejumlah perusahaan teknologi lainnya yang terus merangkak untuk menjadi perusahaan bernilai 2 triliun dolar AS, seperti Amazon (1,76 triliun dolar AS) dan Google (1,67 triliun dolar AS).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com