Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Gelar Acara Nanti Malam, Umumkan Windows 11?

Kompas.com - 24/06/2021, 16:24 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Microsoft akan menggelar sebuah acara besar hari ini, Kamis (24/6/2021) pukul 23.00. Dalam acara tersebut, Microsoft diduga akan memperkenalkan sistem operasi Windows generasi berikutnya yang konon bernama Windows 11.

Dugaan ini bukan tidak berdasar. Pasalnya, Microsoft sendiri memberikan tanda-tanda bahwa Windows 11 memang akan hadir dalam waktu dekat. 

Tanda-tanda kehadiran OS berkode nama "Sun Valley" ini sendiri sudah diberikan oleh Microsoft dalam beberapa kesempatan berbeda.

Mulai dari merilis sebuah wallpaper yang membentuk angka 11, merilis video berdurasi 11 menit, hingga mengunggah video 11 menit berjudul Windows Startup Sounds – Slo-fi Remix di kanal YouTube resminya.

Sebagai penerus generasi sebelumnya, Windows 11 disinyalir bakal tampil dengan desain antarmuka dan sistem Windows Store terbaru.

Tampilan desktop Windows 11.Baidu Tampilan desktop Windows 11.
Hal ini terlihat dari sebuah bocoran gambar dari situs asal China, Baidu. Dalam gambar tersebut, terlihat bahwa deretan ikon taskbar di Windows 11 tampak disusun tepat di tengah desktop.

Tata letak tersebut berbeda dengan Windows 10 dan Windows sebelumnya yang biasanya menaruh ikon taskbar di sisi kiri layar.

Desain ini disinyalir mirip seperti tampilan taskbar di proyek Windows 10X, sebuah OS khusus perangkat tablet dan laptop layar ganda yang batal meluncur.

Baca juga: Windows 10 Akan Dipensiunkan Oktober 2025

Perbedaan lain juga dapat dijumpai dari segi tampilan visual yang diusung. Menu Start Windows 11 tampak terlihat lebih segar dibanding Windows 10.

Microsoft nampaknya tak lagi menggunakan desain Live Tiles berbentuk persegi pada menu Start di Windows 11.

Windows Store baru

Beberapa waktu lalu, CEO Microsoft Setya Nadella sempat menyebut adanya "pembaruan signifikan" pada sistem ekonomi yang akan diterapkan pada OS Windows.

"Kami akan menciptakan lebih banyak peluang untuk setiap pengembang Windows saat ini dan menyambut setiap konten kreator yang mencari platform paling inovatif, baru, terbuka untuk membangun dan mendistribusikan serta memonetisasi aplikasi," ujar Nadella.

Microsoft sendiri memang sedang mengembangkan sebuah Windows Store baru yang dapat secara terbuka menampung beragam jenis game dan aplikasi.

Dengan pembaruan ini, pengembang diharapkan dapat mengirimkan aplikasi bikinannya ke Windows 11.

Belakangan, Microsoft juga diketahui telah memangkas biaya pemotongan dari 30 persen menjadi 12 persen khusus untuk game PC yang dibagikan di Windows Store.

Halaman:
Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com