BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Inovasi 1 Miliar Warna Tawarkan Pengalaman Multimedia Level Baru pada Smartphone Flagship

Kompas.com - 24/06/2021, 18:45 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sebagai kelas teratas, smartphone flagship keluaran terbaru kerap ditunggu oleh penggemarnya. Sebab, kehadiran flagship selalu membawa teknologi terbaru yang dapat memudahkan pengguna dalam menjalankan aktivitas.

Untuk tahun ini, flagship keluaran terbaru dibenami teknologi layar teranyar, yakni 10-bit atau 1 miliar warna (1 billion color). Teknologi tersebut membuat smartphone dengan teknologi layar ponsel 8-bit yang hanya menampilkan 16 juta warna jauh tertinggal.

Berikut tiga keunggulan pada smartphone flagship yang disemati teknologi 1 miliar warna.

1. Hiburan dengan kualitas tertinggi

Menikmati hiburan melalui smartphone flagship tak pernah sebaik melalui layar yang dilengkapi fitur 1 miliar warna. Fitur ini mampu menampilkan 1,07 miliar spektrum warna di layar smartphone untuk grafis yang ultra realistis.

Dengan fitur tersebut, aktivitas menonton video, film, serta bermain game tampak begitu nyata.

Menurut gadget reviewer Putu Reza, smartphone flagship dengan fitur 1 billion color dapat memberikan pengalaman menikmati hiburan yang memuaskan.

“Saat fitur 1 billion color dipasangkan dengan konten yang sesuai, yakni tayangan video beresolusi tinggi serta memiliki high dynamic range (HDR) seperti yang banyak di Youtube, akan memberikan pengalaman menikmati hiburan yang tak terbayangkan sebelumnya bagi pengguna,” tuturnya melalui channel Youtubenya.

Tampilan tambah imersif bila smartphone flagship juga dibekali layar organic light emitting diode (layar OLED) seluas 6,7 inci dengan resolusi 3216 x 1440 quad high definition plus (QHD+) dan didukung teknologi high dynamic range (HDR) 10+ dengan refresh rate 120 Hz.

Nicholas Saputra menggunakan Oppo Find X3 Pro 5G. (DOK. Oppo Indonesia). Nicholas Saputra menggunakan Oppo Find X3 Pro 5G.

Teknologi tersebut membuat layar ponsel bisa menghasilkan tampilan gambar sejernih air karena memiliki tingkat kontras serta akurasi warna yang tinggi.

Reza menambahkan, fitur 1 billion color juga dapat menunjang pekerjaannya sebagai content creator. Fitur tersebut ditambah prosesor tercepat seperti Qualcomm Snapdragon 888 dan kamera berkualitas tinggi sudah menjadi hal wajib yang harus dimiliki smartphone flagship untuk membuat konten menarik.

2. Foto berkualitas tinggi layaknya profesional

Keunggulan teknologi 1 miliar warna tidak hanya tersemat pada layar. Teknologi tersebut juga ikut memperkaya fitur kamera yang ada pada smartphone flagship.

Kamera smartphone flagship yang ditunjang fitur 1 miliar warna mampu menangkap, menyimpan, dan menampilkan warna yang begitu kaya dan detail di setiap aspek kehidupan manusia.

Hal tersebut pun dibenarkan oleh fotografer profesional Muhammad Fadli. Dalam berkarya, ia menggunakan smartphone Oppo Find X3 Pro 5G yang sudah dibekali fitur 1 miliar warna.

Menurut Fadli, sebuah momen penting tidak datang dua kali. Karenanya, dibutuhkan perangkat smartphone yang mampu menampilkan warna pada gambar secara presisi sebagaimana aslinya.

Smartphone dengan teknologi 1 billion color dan fitur AI Color Master mampu menghasilkan warna lebih kaya dan alami. Karenanya, setiap momen yang diabadikan mampu tampil senyata aslinya setiap kali mengenangnya,” ujar Fadli dalam acara Oppo Find X3 Pro 5G First Sale Exhibition, Kamis (18/6/2021) di Central Park.

Untuk menunjang fitur 1 miliar warna, Oppo Find X3 Pro 5G juga sudah dibekali Full-path Color Management System dan kamera mumpuni. Fitur Full-path Color Management System dapat menangkap gambar dengan 1 miliar warna (10-bit) dan format High-Efficiency Image Format (HEIF). Dengan fitur itu, Oppo Find X3 Pro 5G mampu menghasilkan gambar dengan rentang warna yang lebih luas hingga detail terkecil.

Oppo Find X3 Pro 5G memiliki lima kamera yang terdiri dari satu lensa di depan dan empat di belakang. Kamera depan yang beresolusi 32 MP dihiasi dengan lubang punch-hole. Selanjutnya, kamera belakang terdiri dari empat kamera utama, yakni kamera 50 MP, ultrawide 50 MP, telefoto 13 MP, serta microscope 3 MP.

Hasil pemotretan Oppo Find X3 Pro 5G yang detail dan kaya warna. (DOK. Oppo Indonesia). Hasil pemotretan Oppo Find X3 Pro 5G yang detail dan kaya warna.

Lensa mikro yang tersemat pada Oppo Find X3 Pro 5G menjadi salah satu fitur unggulan. Kamera ini mampu memperbesar tampilan pada obyek foto hingga 30 kali lipat dengan optical zoom.

Tak hanya itu, lensa mikro tersebut juga dapat melakukan 60 kali lipat hybrid zoom guna menghasilkan fotografi mikroskopis yang melampaui fotografi makro.

3. Video superjernih

Perkawinan fitur 1 miliar warna dan kamera video juga dapat menghasilkan konten vlog maupun film layaknya dari kamera profesional.

Hal tersebut diakui oleh cinefinders dan Co-Founders Miles Film Riri Riza. Ia menuturkan bahwa warna, jatuh cahaya, tinggi dan rendah mata akan menentukan posisi pencerita dalam membuat konten film maupun video.

“Bahkan, cerita sederhana dapat menjadi tema yang tidak terduga. Saat mengeksplorasi sudut pandang, kita akan menyaksikan miliaran warna yang ada di dunia,” ujar Riri dalam live streaming peluncuran Oppo Find X3 Pro 5G.

Oleh karena itu, smartphone flagship dengan layar dan fitur kamera yang mampu menangkap 1 miliar warna seperti Oppo Find X3 Pro 5G begitu penting bagi seorang vlogger maupun film maker.

“Penting bagi saya untuk memiliki kamera yang mampu menangkap miliaran warna dengan tepat. Tujuannya, supaya saya punya kebebasan untuk menjelajahi sudut pandang,” tutur Riri.

Sebagai informasi, smartphone flagship Oppo Find X3 Pro 5G yang digunakan Riri juga dilengkapi mode sinematik yang dapat memberi sentuhan film layar lebar pada hasil rekaman. Dengan mode ini, video yang dihasilkan tampil dengan reproduksi warna artifisial terbaik

Selain itu, Oppo juga menyematkan fitur AI Highlight Video pada flagship tersebut. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengaktifkan beberapa pengaturan perekaman video sekaligus, mulai dari resolusi Full HD (FHD), stabilisasi anti-guncangan, mode malam, perekaman audio jarak jauh, hingga setting 8-bit untuk transisi warna yang lebih mulus.

Oppo Find X3 Pro 5G memenuhi semua kebutuhan para profesional.(DOK. Oppo Indonesia). Oppo Find X3 Pro 5G memenuhi semua kebutuhan para profesional.

Untuk menunjang aktivitas sehari-hari, Oppo Find X3 Pro 5G dibekali baterai 4.500 miliampere hour (mAh) yang didukung fitur SuperVOOC 2.0 Flash Charging. Fitur ini mampu mengisi daya ponsel hingga 40 persen dalam 10 menit.

Flagship tersebut juga dibekali fitur pengisian daya nirkabel AirVOOC 30W yang bisa mengisi baterai smartphone tanpa perlu menghubungkan perangkat ke kabel. Pengguna hanya perlu 80 menit untuk mengisi baterai ponsel dari keadaan kosong hingga penuh.

Dengan kecanggihan fitur dan spesifikasi yang tinggi, Oppo Find X3 Pro 5G mampu melibas semua aktivitas secara cepat tanpa hambatan, mulai dari komputasi sedang dan berat, fotografi kelas profesional, bermain game tanpa gangguan, sampai multitasking yang lancar.

Untuk harga, Oppo Find X3 Pro 5G dibanderol Rp 15.999.000 dengan pilihan warna gloss black dan blue. Anda bisa mendapatkan smartphone flagship canggih terbaru ini di Oppo Store, Erafone, Eraspace, serta e-commerce Blibli, JD.ID, Lazada, Shopee, dan Tokopedia.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com