Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cek Apakah PC/Laptop Kita Bisa Windows 11 atau Tidak

Kompas.com - Diperbarui 06/10/2021, 09:41 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Microsoft resmi merilis sistem operasi terbaru Windows 11 pada Kamis (24/6/2021). OS penerus Windows 10 itu membawa perubahan signifikan, mulai dari desain antarmuka yang lebih segar, peningkatan kinerja, hingga dukungan untuk aplikasi Android.

Kabar baiknya, Microsoft menjanjikan pembaruan Windows 11 secara gratis bagi pengguna dan sudah bisa diunduh mulai 5 Oktober 2021.

Jika tertarik untuk upgrade Windows 11, Anda bisa mengecek apakah komputer PC (laptop/dekstop) Anda kompatibel atau bisa menjalankan Windows 11 atau tidak, dengan cara berikut ini.

Baca juga: Windows 11 Gratis untuk Pengguna Windows 10

Untuk mengetahui apakah PC/laptop kita bisa menjalankan Windows 11 atau tidak, Anda bisa menggunakan aplikasi yang bernama Windows PC Health Check.

Aplikasi ini berfungsi untuk mengecek apakah PC Anda sudah memenuhi kriteria persyaratan sistem untuk menjalankan Windows 11 atau belum. Anda dapat mengunduh aplikasi Windows PC Health Check melalui tautan berikut ini.

Cara mengecek kompatibilitas PC dengan Windows 11How to Geek Cara mengecek kompatibilitas PC dengan Windows 11

Setelah berhasil diunduh, Anda dapat membuka aplikasi tersebut pada laptop dan PC. Akan muncul sebuah jendela yang meminta persetujuan pemasangan.

Klik pada ikon berbentuk persegi untuk menerima persyaratan dan pilih tombol Install untuk melanjutkan tahap pemasangan aplikasi.

Pada pop-out selanjutnya, klik ikon berbentuk persegi dan pilih tombol "Finish" untuk segera menjalankan aplikasi Windows PC Health Check.

Jendela yang muncul saat tahap pemasangan aplikasi Windows PC Health CheckHow to Geek Jendela yang muncul saat tahap pemasangan aplikasi Windows PC Health Check

Selanjutnya, jendela aplikasi Windows PC Health Check akan terbuka secara otomatis. Pada jendela ini, Anda bisa menekan tombol "Check Now" untuk memulai proses pengecekan kompatibilitas.

Tunggu hingga aplikasi selesai memindai PC atau laptop. Setelah proses selesai, aplikasi akan menunjukkan hasil dari pemindaian.

Tombol konfirmasi untuk menjalankan pemindaian kompatibilitas Windows 11 pada perangkat PC dan laptop.How to Geek Tombol konfirmasi untuk menjalankan pemindaian kompatibilitas Windows 11 pada perangkat PC dan laptop.

Apabila Anda menerima notifikasi bertuliskan "This PC Can Run Windows 11", maka perangkat PC atau laptop Anda sudah memenuhi syarat dan bisa menjalankan Windows 11.

Baca juga: Cara Mengatasi Masalah Layar Hitam di Laptop Windows 10

Sebaliknya, jika Anda mendapatkan notifikasi yang berbunyi "This PC Can’t Run Windows 11", itu tandanya PC atau laptop Anda belum bisa menjalankan Windows 11.

(Kiri) Indikator bahwa PC sudah kompatibel dengan Windows 11; (kanan) indikator PC belum kompatibel dan tidak bisa menjalankan Windows 11.How to Geek (Kiri) Indikator bahwa PC sudah kompatibel dengan Windows 11; (kanan) indikator PC belum kompatibel dan tidak bisa menjalankan Windows 11.

Untuk lebih lengkapnya, berikut persyaratan spesifikasi minimum PC yang memenuhi syarat untuk menjalankan OS Windows 11, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman resmi Microsoft, Jumat (25/6/2021).

Prosesor minimum 1 GHz dengan 2 cores 64-bit processor atau System on a Chip (SoC)
RAM 4 GB
Storage 64 GB
System firmware UEFI, Secure Boot capable
TPM Trusted Platform Module (TPM) versi 2.0
Kartu grafis Compatible with DirectX 12 or later with WDDM 2.0 driver
Display High definition (720p) display dengan luas minimum 9 inci, 8 bits per color channel
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com