Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi Meluncur, Kapan Windows 11 Bisa Di-download?

Kompas.com - 25/06/2021, 12:35 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Microsoft akhirnya telah resmi meluncurkan Windows 11, sistem operasi teranyar penerus Windows 10.

Melalui blog resminya, Microsoft mengatakan bahwa sistem operasi Windows 11 mulai dirilis pada musim liburan tahun ini, kemungkinan sekitar bulan November atau Desember, dan akan berlanjut hingga 2022.

Namun, jadwal pastinya belum diungkap secara detail. Lantas kapan Windows 11 bisa di-download? Sejumlah pengguna Windows yang ikut dalam program Windows Insider Program bakal mendapat Windows 11 awal pada pekan depan untuk keperluan pengujian dan feedback.

Baca juga: Windows 11 Resmi Meluncur, Lebih Segar dan Dukung Android

Saat versi finalnya sudah tersedia nanti, Windows 11 bisa di-download secara gratis oleh para pemilik lisensi Windows 10.

Untuk bisa menjalankan Windows 11, komputer harus memiliki setidaknya prosesor 64-bit dengan dua inti CPU berkecepatan 1 GHz, RAM 4 GB, media penyimpanan minimum 64 GB, hingga pengolah grafis (GPU) yang telah mendukung DirectX 12.

Kompatibilitas PC dengan Windows 11 juga bisa dicek lewat aplikasi PC Health Check yang bisa diunduh di situs Microsoft di tautan berikut.

Tampilan antarmuka (UI) Windows 11.GSM Arena Tampilan antarmuka (UI) Windows 11.

Sedikit tentang Windows 11, sistem operasi teranyar ini hadir dengan desain antarmuka (UI) yang lebih segar dan bersih. Fitur seperti manajemen jendela tugas, peningkatan kinerja, hingga dukungan aplikasi Android turut dihadirkan di OS Windows terbaru ini.

Perubahan yang paling mencolok terlihat di bagian antarmuka, khususnya pada taskbar dan menu Start. Berbeda dari versi sebelumnya, kedua menu tersebut kini sudah tidak lagi berada di samping kiri, melainkan bergeser ke sisi tengah seperti di tampilan dock MacOS.

Item seperti jam, koneksi, atau baterai letaknya masih sama yaitu berada di sisi kanan taskbar. Sementara, menu Start kini berada tepat di tengah.

Baca juga: Windows 11 Bisa Jalankan Aplikasi Android Tanpa Emulator

Soal tema, UI Windows 11 tampil lebih transparan dengan nuansa aplikasi yang terlihat segar. Ini merupakan salah satu perubahan lainnya yang terlihat di Windows 11.

Microsoft juga mengumumkan beberapa aplikasi Android yang akan tersedia di Windows Store, dan bisa berjalan di Windows 11 tanpa perlu modifikasi khusus, seperti aplikasi media sosial dan game.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com