Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Instagram Reels, Apa Bedanya dengan TikTok?

Kompas.com - 25/06/2021, 19:07 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Fitur perekaman video pendek, Instagram Reels resmi hadir di Indonesia. Reels merupakan fitur yang memungkinkan pengguna Instagram dapat merekam sekaligus menyunting video pendek berdurasi 15 detik.

Instagram Reels disebut-sebut mirip seperti jejaring sosial TikTok. Meski keduanya nampak identik, namun TikTok dan Instagram Reels memiliki sejumlah perbedaan, misalnya dari segi durasi konten yang ditawarkan.

Ada juga kesamaan antara TikTok dan Instagram Reels. Selengkapnya, simak ulasan singkat KompasTekno tentang perbedaan dan kesamaan TikTok dan Instagram Reels berikut ini.

1. Sama-sama punya tab khusus untuk menampilkan kumpulan video

Perbedaan TikTok dan Instagram ReelsKOMPAS.com/ConneyStephanie Perbedaan TikTok dan Instagram Reels

TikTok dan Instagram Reels mempunyai sejumlah kesamaan, salah satunya adalah tab yang berisi kumpulan video-video pendek. Tampilan antarmukanya pun mirip dengan halaman "For Your Page" (FYP) yang ada di aplikasi TikTok.

Baca juga: Instagram Permudah Upload Foto dari Komputer, Begini Caranya

Sama seperti FYP, pengguna bisa mengusap (swipe) layar ke atas untuk melihat konten video pendek selanjutnya yang dibuat pengguna lain, serta mengusap layar ke bawah untuk menyaksikan konten yang sudah dilihat sebelumnya.

Tab ini juga muncul di halaman pertama ketika pengguna Instagram pertama kali membuka fitur Reels.

Konten yang diunggah pun bisa dikomentari seperti video TikTok. Pengguna bisa memberikan likes, menyimpan, dan meneruskan (forward) konten tersebut ke teman-teman. Penempatan tombol like, comment, share, dan lain-lain juga berada di sisi kanan video.

Bedanya, di Instagram Reels, foto profil akun pembuat konten berada di bagian kanan bawah. Sementara di TikTok, foto profil pengguna terletak di atas tombol Likes.

2. Tampilan tab berbeda

Perbedaan berikutnya antara TikTok dan Instagram Reels adalah dari segi tampilan. Meski sama-sama memiliki empat tab, namun susunan tab dari kedua layanan ini berbeda.

Keempat tab di Instagram Reels terdiri dari Home, Search, Shop, dan Profil. Sementara TikTok memiliki empat tab yang mencakup Home, Search, Inbox, dan Profil.

Saat pertama kali membuka Instagram Reels, pengguna akan langsung disuguhkan dengan berbagai konten video pendek yang diunggah di tab khusus.

Sedangkan TikTok, langsung memunculkan preview video di halaman FYP. Ada dua menu di FYP yang bisa dipilih oleh pengguna TikTok, yaitu "For You" dan "Following".

Instagram Reels juga didominasi dengan warna terang (White), sementara TikTok dibalut dengan nuansa gelap (Black).

3. Tools yang bervariasi

Perbedaan TikTok dan Instagram ReelsKOMPAS.com/ConneyStephanie Perbedaan TikTok dan Instagram Reels

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com