Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stiker Music Facebook Sudah Bisa Dicoba di Indonesia, Begini Caranya

Kompas.com - 29/06/2021, 11:35 WIB
Conney Stephanie,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pekan lalu, Instagram resmi merilis fitur stiker Music untuk penggunanya di Indonesia. Kini, fitur Music tersebut juga hadir di jejaring sosial Facebook.

Pantauan KompasTekno pagi ini, Selasa (29/6/2021), fitur stiker Music sudah muncul di menu Facebook Story dan bisa dijajal oleh pengguna Facebook Android di Indonesia. Stiker musik berada tepat di samping kiri stiker "Event".

Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna Facebook dapat menyisipkan potongan lagu ke dalam sebuah posting video untuk Story.

Fitur ini sejatinya mirip seperti Instagram Music, hanya saja tampilan playlist dan menu pemilihan lagu sedikit berbeda.

Baca juga: Fitur Reels dan Instagram Music Resmi Hadir di Indonesia

Untuk memperoleh fitur stiker Music, pengguna harus memperbarui aplikasi Facebook terlebih dahulu lewat Google Play Store untuk Android di tautan berikut, dan App Store untuk iOS di link ini.

Lantas, bagaimana cara menggunakan fitur stiker musik untuk membuat postingan di Facebook Story? Berikut langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Pertama, pastikan aplikasi Facebook Anda sudah diperbarui.

2. Kemudian, buka aplikasi Facebook, lalu klik opsi "Create Story" pada gambar profil.

3. Siapkan foto atau video yang akan diunggah di Facebook Story. Anda juga bisa mengambil foto/video dengan fitur kamera di aplikasi Facebook.

4. Kali ini, KompasTekno telah menyiapkan satu gambar yang diambil dari galeri foto.

5. Setelah foto dipilih, klik ikon "Stickers" (kotak tersenyum) pada bagian atas. Lalu scroll layar untuk menemukan opsi "Music".

Cara menggunakan fitur stiker musik untuk membuat postingan di Facebook StoryKOMPAS.com/ConneyStephanie Cara menggunakan fitur stiker musik untuk membuat postingan di Facebook Story
6. Ketika diklik, Anda akan menjumpai koleksi lagu baik dari musisi lokal maupun luar negeri.

7. Di dalamnya, terdapat beberapa kolom yang tersedia yaitu "Browse" untuk mencari koleksi lagu berdasarkan genre, serta sejumlah kolom lainnya yang mengurutkan kategori lagu seperti Work Out, Date Night, Nature, Party, Birthday, dan masih banyak lagi.

8. Pilih salah satu lagu sesuai dengan keinginan Anda. Sebelum memakai lagu tersebut, Anda bisa mendengarkannya terlebih dahulu (preview) dengan cara menekan ikon "Play" di samping kanan judul lagu.

Baca juga: Cara Membuat Instagram Reels, Sudah Bisa di Indonesia

9. Setelah lagu dipilih, nantinya akan muncul halaman di mana Anda bisa mengedit klip lagu tersebut.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com