Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XL Axiata Bersiap Uji Kelayakan Layanan 5G

Kompas.com - 29/06/2021, 15:21 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Indonesia resmi memasuki era komersialisasi jaringan generasi kelima alias 5G. Ditandai dengan diluncurkannya layanan 5G dari operator seluler Telkomsel dan Indosat belum lama ini.

Operator seluler lain seperti XL Axiata pun juga tak mau ketinggalan dalam menyediakan layanan koneksi 5G di Tanah Air.

Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih mengungkapkan, pihak XL Axiata sendiri tengah bersiap untuk melakukan uji laik operasi (ULO) layanan 5G, sebagai syarat sebelum menggelar layanan 5G secara komersial.

Baca juga: Laba XL Axiata Rp 321 Miliar, Layanan Data Jadi Penyumbang Terbesar

"Kami saat ini sedang bersiap-siap untuk implementasi layanan 5G lewat implementasi 5G-4G Dynamic Spectrum Sharing (DSS). Termasuk mempersiapkan Uji Laik Operasi 5G DSS," kata wanita yang akrab disapa Ayu itu kepada KompasTekno, Selasa (29/6/2021).

Kendati demikian, Ayu tidak mengumbar kapan pastinya XL Axiata akan melakukan ULO 5G bersama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Yang jelas, kata Ayu, persiapan implementasi dan ULO 5G XL sejalan dengan rencana pemerintah untuk merealisasikan layanan 5G di Indonesia pada tahun ini. Dan juga sebagai tahap lanjutan dari program perusahaan terkait layanan 5G di tahun ini.

Seperti yang disebutkan Ayu, XL Axiata akan menggunakan teknologi Dynamic Spectrum Sharing (DSS), di mana jaringan 5G digelar menggunakan frekuensi 4G yang sudah ada.

"Layanan 5G XL rencananya akan digelar lewat implementasi DSS menggunakan spektrum 1.800 MHz dan 2.100 MHz," kata Ayu.

Baca juga: Serupa tapi Tak Sama, Ini Bedanya XL Satu Fiber dengan XL Home

Ia melanjutkan, dengan menggelar 5G lewat sistem DSS, diharapkan dapat mendorong pengembangan berbagai use case baru yang bermanfaat untuk industri.

Ayu turut menjelaskan, selama ini, XL Axiata sangat serius dalam mempersiapkan layanan 5G miliknya, baik dari segi teknis maupun non-teknis.

Dari segi teknis sendiri, ada sejumlah persiapan yang telah dilakukan oleh XL. Misalnya, perusahaan telah melakukan eksplorasi teknologi dan use case 5G sejak tahun 2017.

"Kami juga melakukan peningkatan jaringan seperti modernisasi jaringan radio, fiberisasi, dan peningkatan kapabilitas jaringan core, billing dan IT," imbuh Ayu.

Sudah uji coba 5G dengan teknologi DSS

Hasil uji coba jaringan 5G oleh XL Axiata yang menggunakan sistem DSS. Uji coba dilakukan di Depok, Jawa Barat.XL Axiata Hasil uji coba jaringan 5G oleh XL Axiata yang menggunakan sistem DSS. Uji coba dilakukan di Depok, Jawa Barat.

Pada Desember 2020 lalu, XL Axiata juga telah melakukan uji coba jaringan 5G menggunakan teknologi DSS di spektrum yang sama, yaitu 1.800 MHz dan 2.100 MHz.

Uji coba yang dilakukan di Depok, Jawa Barat itu dilakukan XL Axiata dengan menggandeng Ericsson. Uji coba dilakukan melalui fitur Ericsson Spectrum Sharing (ESS).

Baca juga: Cara Memperpanjang Masa Aktif Kartu XL Tanpa Isi Pulsa

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com