Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Factory Reset di Ponsel Oppo

Kompas.com - 30/06/2021, 16:02 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrikan alias factory reset adalah metode yang dapat dilakukan jika ponsel sudah terasa lemot. Factory reset juga kerap dilakukan pengguna sebelum menjual perangkatnya.

Dengan melakukan factory reset, pengguna dapat menghapus informasi pribadi seperti foto, video, file, hingga akun yang ditautkan.

Perlu diperhatikan jika factory reset akan menghapus data secara permanen. Oleh sebab itu, pengguna turut disarankan untuk melakukan back up data ke cloud atau penyimpanan eksternal.

Proses factory reset juga dapat memakan waktu hingga beberapa menit. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, pengguna dianjurkan menyisakan baterai setidaknya 50 persen.

Baca juga: Oppo Reno6 Bisa Dibeli di Indonesia 15 Juli

Secara garis besar, factory reset pada ponsel Android mengusung cara yang hampir serupa. Namun, terdapat sedikit perbedaan langkah yang disebabkan oleh antarmuka setiap ponsel yang berbeda-beda.

Bagi pemilik ponsel Oppo, factory reset dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah yang dihimpun KompasTekno, Rabu (30/6/2021), sebagai berikut:

Cara melakukan factory reset pada ponsel Oppo.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Cara melakukan factory reset pada ponsel Oppo.
Pertama-tama, buka menu pengaturan atau settings. Selanjutnya, gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi Additional settings.

Setelah opsi tersebut diklik, Anda akan dibawa ke halaman pengaturan berikutnya. Di  halaman ini, klik opsi back up and reset lalu pilih erase all data (factory reset).

Pengguna dapat menghapus data sesuai dengan preferensi, mulai dari pengaturan jaringan, konfigurasi sistem, deretan aplikasi, atau menghapus data dan konfigurasi pada ponsel secara keseluruhan.

Pilih opsi erase all data jika Anda ingin menghapus seluruh data dan konfigurasi yang terdapat pada ponsel.

Baca juga: Cara Factory Reset di Ponsel Samsung Galaxy

Jika sebelumnya pengguna telah memasang kode PIN atau password, maka Anda akan diminta untuk memasukan kode keamanan tersebut sebagai bentuk konfirmasi.

Terakhir, pilih opsi "Erase data" jika Anda sudah yakin ingin melakukan factory reset dan ponsel akan segera menghapus seluruh data yang ada pada ponsel.

Dalam artikel ini, KompasTekno menggunakan ponsel Oppo A74 yang menjalankan sistem operasi Android 11 dengan antarmuka Color OS 11.1.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com