Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi YouTube Android Bisa Bagikan Video Berdasarkan "Chapter"

Kompas.com - 02/07/2021, 06:33 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengguna aplikasi YouTube di Android mendapatkan fitur baru berupa share video berdasarkan timestamp spesifik, lewat potongan atau chapter yang dimiliki video tersebut.

Pemerima tautan (link) pun akan langsung bisa menonton video YouTube dari bagian atau chapter yang sudah ditentukan, alih-alih mesti mengulang dari awal video seperti biasanya.

Untuk membagikan video YouTube berdasarkan chapter yang dikehendaki, pastikan lebih dulu video yang hendak dibagikan sudah dipotong-potong menjadi beberapa bagian.

Baca juga: Pengguna iPhone Kini Bisa Nonton YouTube Sambil Buka Aplikasi Lain

Cara mengeceknya adalah dengan mengklik jendela pemutar video yang sudah ditonton.

Lalu, perhatikan di bagian bawah kiri jendela video, apabila ada tulisan nama chapter (iPadOS, Privacy, iCloud, dst. pada contoh di bawah), maka video yang sedang ditonton sudah dipotong menjadi beberapa bagian. 

Cara membagikan video YouTube berdasarkan Chapter.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Cara membagikan video YouTube berdasarkan Chapter.

Setelah itu, klik tulisan atau nama chapter   yang berada di sebelah kanan informasi durasi video yang tengah ditonton, dalam contoh ini "iPad OS".

Kemudian, tepat di bawah jendela pemutar video, akan ditampilkan daftar stempel waktu dari video yang sedang ditonton berdasarkan nama chapter.

Jika sebuah chapter ingin dibagikan, pengguna bisa dengan mudah meng-klik ikon yang menyerupai "tanda panah" yang juga mewakili tombol share.

Baca juga: YouTube Klaim Bayar Royalti Rp 57 Triliun untuk Musisi

Lalu, pilih platform apa yang ingin dituju, mencakup WhatsApp, Gmail, Facebook, Instagram, dan lain sebagainya.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari AndroidPolice, Jumat (2/7/2021) pembaruan fitur berbagi video YouTube berdasarkan Chapter ini sudah hadir di YouTube Android versi 16.20.35 ke atas.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, fitur tersebut sudah bisa dijajal di aplikasi YouTube versi 16.24.33. Pastikan aplikasi YouTube Anda sudah up-to-date dengan mengunjungi Google Play Store di tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com