Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Dr Faheem Younus Ngetwit dalam Bahasa Indonesia, Bagikan Resep untuk Isoman

Kompas.com - 02/07/2021, 14:28 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia yang bisa dibilang semakin parah mencuri perhatian sejumlah pakar medis di jejaring sosial, salah satunya adalah dokter asing bernama Faheem Younus.

Bahkan, melalui handle Twitter @FaheemYounus, dokter yang berasal dari University of Maryland, Amerika Serikat (AS) ini sampai mengunggah sebuah twit berbahasa Indonesia.

Biasanya, dokter yang telah memiliki sekitar 293.000 pengikut (follower) tersebut membagikan informasi seputar Covid-19 menggunakan bahasa Inggris.

Baca juga: Daftar Dokter Indonesia yang Buka Konsultasi Covid-19 via Instagram

Adapun twit tersebut berisikan sejumlah tips bagi para pengikutnya yang berasal dari Indonesia, yang sedang terjangkit Covid-19 dan sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah.

"Mengobati Covid di Rumah. Gunakan tab (tablet) parasetamol untuk demam. Budesonide Inhaler dua kali sehari. Semprotan hidung Oxymetazolone untuk hidung tersumbat," ujar dokter tersebut.

"(Anda) tidak perlu antibiotik, Ivermectin, seng (Zinc), atau steroid (untuk mengobati Covid-19)," imbuhnya.

Perlu khawatir?

Melihat Faheem mengunggah twit berbahasa Indonesia, sejumlah pengikutnya pun, terutama yang berasal dari Tahan Air, kagum.

Baca juga: 3 Cara Download Kartu Sertifikat Vaksin Covid-19

Sebagian dari mereka membalas twit tadi dan berterima kasih atas tips yang diberikan oleh Faheem, mungkin karena bahasanya memang mudah dimengerti.

Sebagian pengguna juga menyebut bahwa twit Faheem merupakan pertanda bahwa kondisi Covid-19 di Tanah Air memang mengkhawatirkan, sampai-sampai dokter tersebut turun tangan dengan bahasa lokal.

Sekadar informasi, Faheem bisa dibilang salah satu sosok penting di dunia medis yang kerap membagikan beragam informasi penting terkait Covid-19 melalui jejaring sosial, terutama lewat handle Twitter @FaheemYounus.

Baca juga: Sertifikat Vaksin Covid-19 Bisa Dicetak seperti KTP atau Kartu ATM

Saking terkenalnya di internet, ia sempat menjadi korban hoaks pada akhir tahun 2020 lalu, di mana seorang oknum, mencatut nama Faheem, membagikan informasi yang keliru soal Covid-19.

Saat ini, berdasarkan laman LinkedIn miliknya, Faheem merupakan seorang dokter yang menjabat beberapa posisi di di University of Maryland, Upper Chesapeake Health, AS.

Beberapa jabatan tersebut mencakup Vice President, Chief Quality Officer, Chief Division of Infectious Diseases, dan Clinical Associate Professor.

Di luar sektor akademis, Faheem juga tergabung dalam Organisasi Penyakit Menular Amerika (Infectious Disase Society of America/IDSA).

Ia juga aktif menulis di sejumlah media internasional, seperti The Huffington Post, Washington Post, Christian Science Monitor, hingga Baltimore Sun.

Baca juga: Superkomputer Tunjukkan Cara Penularan Virus Corona di Restoran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com