Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Rilis Dukungan untuk Simpan Kartu Vaksinasi di Ponsel Android

Kompas.com - 02/07/2021, 15:29 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Google merilis dukungan baru untuk menyimpan kartu vaksinasi di platform Android secara digital. Dukungan itu hadir lewat pembaruan Passes API di aplikasi Google Pay.

Dengan pembaruan ini, pengguna bisa menyimpan dan menampilkan kartu hasil tes Covid-19 maupun kartu vaksinasi digital di perangkat Android secara lebih mudah.

Akses API tersebut telah dibagikan Google ke organisasi kesehatan, lembaga pemerintah, dan juga organisasi lain yang diizinkan otoritas kesehatan.

Dengan akses tersebut, para pengembang masing-masing otoritas kesehatan bisa lebih mudah membuat kartu tes Covid-19 maupun kartu vaksinasi digital yang bisa disimpan dan dibuka lebih mudah oleh masyarakat lewat perangkat mereka.

Baca juga: Sertifikat Vaksin Covid-19 Bisa Dicetak seperti KTP atau Kartu ATM

Merangkum dari 9to5Google, Passes merupakan API Google Pay yang bisa digunakan untuk menyimpan kartu non-pembayaran, seperti kartu member supermarket.

Google Pay sendiri merupakan aplikasi pembayaran yang mirip dengan Apple Card. Aplikasi ini baru dirilis Google tahun lalu.

Biasanya, Google Pay digunakan untuk melakukan pembayaran produk Google seperti layanan Photos atau Google Play.

Dirangkum KompasTekno dari Engadget, Jumat (2/7/2021), nantinya pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi Google Pay secara khusus untuk menyimpan dan menampilkan kartu hasil tes Covid-19 maupun kartu vaksinasi digital.

Mereka bisa mengaksesnya via tombol pintasan (shortcut) di beranda ponsel. Bahkan, kartu digital bisa dibuka tanpa koneksi internet.

Google mengatakan, fitur ini akan dapat digunakan di Android 5 (Lollipop) hingga yang terbaru. Mengenai privasi yang dikhawatirkan beberapa pihak, Google mengklaim tidak akan menyalin informasi hasil tes Covid-19 maupun vaksinasi pengguna.

Baca juga: 3 Cara Download Kartu Sertifikat Vaksin Covid-19

Google juga berjanji untuk tidak membagi data yang ada di kartu digital tersebut ke layanan pihak ketiga. Perusahaan search engine raksasa itu juga mengatakan tidak akan menggunakan informasi kartu digital itu untuk tujuan bisnis seperti menargetkan iklan.

Pengguna akan diminta untuk memasang sistem keamanan perangkat lebih dulu seperti kunci layar sebelum menyimpan kartu digital mereka di ponsel.

Saat ini, dukungan API untuk kartu hasil tes Covid-19 dan kartu vaksinasi baru tersedia di Amerika Serikat. Google berjanji akan merilisnya ke lebih banyak negara ke depannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com