Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Moch S. Hendrowijono
Pengamat Telekomunikasi

Mantan wartawan Kompas yang mengikuti perkembangan dunia transportasi dan telekomunikasi.

kolom

Tiga Operator 5G, Tiga Teknologi Beda

Kompas.com - 02/07/2021, 16:02 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

 

Oleh: Moch S Hendrowijono

JULI ini, XL Axiata direncanakan mendapat SKLO (Surat Keterangan Laik Operasi) untuk layanan 5G, menyusul dua operator lain, Telkomsel dan Indosat Ooredoo. Tiga operator papan atas akan berebut pasar “menjual” 5G, namun teknologi yang mereka gunakan berbeda-beda.

Telkomsel menggunakan spektrum n-40 (2,3 GHz) selebar 30 MHz – yang kemudian bertambah menjadi 50 MHz – khusus untuk 5G, tanpa embel-embel teknologi yang lain.

Pencapaiannya pun prima, kapasitas unduh menyentuh angka 750 Mbps, walau dengan kondisi alam, rata-rata diakui hanya antara 100 Mbps dan 250 Mbps.

Baca juga: Internet Sudah 5G, Apa Kabar RUU Perlindungan Data Pribadi?

Baik Indosat Ooredoo maupun XL Axiata tidak memiliki spektrum 2,3 Ghz seperti Telkomsel. Mereka hanya punya 850 MHz, 1800 MHz (1,8 GHz) dan 2,1 GHz, yang Telkomsel juga punya.

Lalu Indosat pun bekerja sama dengan Cisco yang menawarkan teknologi yang belum pernah digunakan di Asia Tenggara, segment routing IPv6 (SRv6) dengan network slicing (irisan jaringan).

Indosat memanfaatkan pita selebar 20 MHz di spektrum 1800 MHz (n3) yang memang mengundang risiko. Di spektrum ini Indosat hanya menguasai pita selebar 22,5 MHz yang sejatinya sudah dipenuhi 60 juta pelanggan 4G mereka.

Namun ternyata teknologi SRv6 ini unggul, berhasil mencapai kapasitas unduh sampai 540 Mbps dengan latensi (perjalanan data dari awal sampai tujuan dengan ukuran milidetik) yang mencapai 10 md.

Baca juga: Dunia Masih Menikmati 5G, China Sudah Siapkan Jaringan 6G untuk 2030

Angka yang cukup tinggi, apalagi jika fokusnya digunakan untuk layanan industri, UMKM dan IoT (internet of things).

Modulasi amplitudo

XL Axiata tampaknya akan menggunakan teknologi lain lagi, DSS (dynamic spectrum sharing) di middle band atau midwave.

Teknologi ini beda dengan CA (carrier aggregation) seperti yang digunakan di layanan 4G, yang menggabungkan dua frekuensi yang sama untuk mendapat kapasitas lebih besar.

Menurut Direktur Network XL Axiata, Gede Dharmayusa, 4G-5G DSS adalah pemanfaatan spektrum yang sama untuk dua teknologi yang berbeda, 4G dan 5G.

Tujuannya, mempercepat implementasi dan penetrasi 5G dengan memanfaatkan spektrum yang telah ada saat ini, yang masih digunakan di 4G.

Karena sumber spektrum yang dipergunakan di-share antara 4G dan 5G, tentu saja DSS belum mampu menghadirkan pengalaman 5G yang sebenarnya. DSS lebih dilihat sebagai enabler untuk memperkenalkan teknologi 5G kepada pengguna.

Baca juga: Kemkominfo Minta Industri Segera Aplikasikan Teknologi 5G

Kecepatan yang bisa diperoleh sangat tergantung dari kondisi trafik jaringan. Tetapi secara teoritis, dengan 20 Mhz dan modulasi 256 QAM (quadrature amplitude modulation – skema yang membawa data yang memodulasi/mengubah amplitudo dari dua gelombang pembawa – maksimum keluarannya (throughput) dapat mencapai hingga 260 Mbps.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com